Tingkatkan Reputasi Jurnal, LPPM UNG Gelar Workshop

Oleh: Cindra Zakaria . 9 Agustus 2023 . 18:48:45

 

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo melalui Pusat Studi Riset, Publikasi Ilmiah dan Sentra HKI menggelar kegiatan "Workshop Pengelolaan Jurnal Untuk Persiapan Reakreditasi dan Pendampingan Menuju Indeks Internasional Bereputasi" pada hari ini (9/8) di Gedung Aula Prof. Dr. Kadir Abdussamad.

Acara dibuka dengan penyampaian laporan panitia oleh Novriyanto Napu, S.Pd., M.App.Ling. Ph.D dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua LPPM Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko, MP. Dalam sambutannya Ketua LPPM menyatakan bahwa minggu lalu sudah keluar SK dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bahwa UNG telah bertambah jurnal baru yang terakreditasi Sinta sebanyak 4 jurnal, "Pada laman Sinta UNG masih terbaca 37 jurnal yang terakreditasi, tapi sebenarnya kita sudah punya 4 tambahan sehingga totalnya sekarang ada 41 jurnal terakreditasi Nasional," kata Ketua.

Hadir pula Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum pada acara pembukaan, beliau menyampaikan apresiasinya atas pencapaian yang telah diraih oleh pengelola jurnal UNG, "Mari kita bersama-sama berfikir dan berupaya untuk memajukan kampus tercinta, mempunyai mimpi yang sama untuk bergerak maju diantaranya meningkatkan kualitas tata kelola jurnal kita" ujar Warek 1.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pengelola jurnal di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo dan menghadirkan asesor dari Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Irwansyah, SH, MH. Dalam penyampaiannya Prof. Irwansyah menegaskan beberapa tips dan trik untuk mengelola jurnal, hal-hal yang perlu diperhatikan editor dan konsistensi proses review yang baik. 

"Catatan dari asesor harap segera ditindaklanjuti dan diperbaiki agar tidak menjadi masalah saat pengajuan akreditasi berikutnya," saran Irwansyah, "Kadang pengelola kurang awas saat sudah memperoleh akreditasi sehingga tanpa sadar melonggarkan proses review. Harap tetap diperhatikan"

Lebih lanjut Irwansyah menyarankan pengelola jangan gampang tergoda untuk menambah nomor, kurangi beban dan naikkan proses riview. "Proses review harus berjalan bagus bila mau akreditasi Sinta 2, wajib ada genesis naskah kapan disubmit, kapan direview dan kapan dipublish. Untuk jurnal internasional, standarnya berupa artikel hasil penelitian. Mana temuan hasil riset, temuan tersebut dicantumkan di judul dan ada di abstrak artikel"

Acara diselingi dengan tanya jawab. Pemateri menjawab semua pertanyaan peserta dengan gayanya yang humoris sehingga diskusi berlangsung seru dan peserta betah mengikuti workshop hingga acara berakhir.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting