Tempuh jarak 349 km, Tim Bengkayang UNG Tiba di lokasi KKN

Oleh: Chalid Luneto . 24 Juli 2023 . 13:47:36

 

Kabupaten Bengkayang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas 5.396,30 km2 dengan jumlah penduduk 289.587 jiwa dan mayoritas penduduknya beretnik Dayak. Bengkayang menjadi salah satu kabupaten penempatan lokasi KKN Kebangsaan XI.

Hari ini (24/7) secara resmi Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E, M.M menerima mahasiswa peserta KKN Kebangsaan di Kabupaten Bengkayang. Bupati berharap pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan yang tahun ini dilaksanakan di Kalimantan Barat dapat memupuk dan memperkokoh kebangsaan demi menjaga keutuhan NKRI. Terlebih di Bengkayang yang merupakan wilayah perbatasan negeri, KKN Kebangsaan dengan meningkatkan kualitas pertanian, pelestarian alam dan budaya lokal.

Ada 6 orang mahasiswa peserta dari Universitas Negeri Gorontalo yang ditempatkan di Bengkayang. Cindy Jani mengatakan bahwa dirinya bersama kelima mahasiswa lainnya siap turun pengabdian "Team Bengkayang siap mengabdi, saat ini masing-masing dari kita sudah berpisah menuju lokasi KKN. Saya ke Desa Bange dengan bus nomor 10. Berangkat dari Kota Pontianak ke Bengkayang pukul 02.00 dini hari. Semangat kawan-kawan" kata Cindy antusias.

Ada dua kondisi alam yang membedakan wilayah Kabupaten Bengkayang. Kondisi alam yang pertama adalah pesisir pantai. Keseluruhan wilayah pesisir ini termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Sungai Raya. Kondisi alam yang kedua adalah daratan dan perbukitan yang terdiri dari Kecamatan Capkala, Samalantan, Monterado, Bengkayang, Teriak, Sungai Betung, Ledo, Suti Semarang, Lumar, Sanggau Ledo, Seluas, Jagoi Babang, dan Siding.

Jarak antara Kantor Gubernur Kalimantan Barat dengan Kantor Bupati Bengkayang ditempuh selama 4 jam dengan jarak sejauh 170 km. Sedangkan jarak ke Desa Sinar Baru Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang total jarak bisa mencapai 349 km atau waktu tempuh 6 - 8 jam perjalanan.

 

 

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting