Sepenggal Kisah Kebangsaan

Oleh: Chalid Luneto . 24 September 2024 . 15:09:54

 

KKN Kebangsaan telah usai akhir Bulan Agustus kemarin. Berbagai cerita, pengalaman suka duka, ilmu dan tantangan dihadapi oleh para peserta KKN utusan dari seluruh Universitas di Indonesia, termasuk Universitas Negeri Gorontalo yang tak pernah absen dalam mengutus delegasi mewakili UNG pada setiap perhelatan nasional ini.

Ada sepenggal kisah yang dibagikan oleh peserta KKN kita dari Jurusan Ilmu Hukum UNG, Muthahhar Asqalani Datau. Mahasiswa asal Dulalowo - Kota Tengah ini mengikuti KKN Kebangsaan sebulan lamanya di Kota Kelahiran Pattimura, Maluku.  

 

 

Pertama kali saya melakukan perjalanan jauh dari pulau sulawesi dan itu kesempatan yang saya sangat syukuri selama saya menjadi seorang mahasiswa. Kegiatan KKN Kebangsaan, program ini saya kejar sedari semester 5 dan puncaknya rezeki tidak kemana, saya pun diberikan kesempatan untuk mewakili Fakultas Hukum dan Universitas Negeri Gorontalo dalam menjadi Delegasi pada KKN Kebangsaan di Univeristas Pattimura, Ambon. Pengalaman yang saya alami ini membuat saya yakin bahwa ini adalah bentuk tanggung jawab besar yang saya emban dalam membawa nama Universitas Negeri Gorontalo pada kegiatan nasional.

Selama saya disana banyak yang saya pelajari, kami disana tinggal bersama orang tua piara yang dimana mereka bersedia dan bertanggung jawab untuk kehadiran kami selama di Negeri Herlau Pauni, Desa/Negeri yang saya tempati selama KKN Kebangsaan. Kegiatan saya disana tentu berbanding terbalik dengan yang saya lakukan di daerah perkotaan. Selama disana, saya bertemu dengan banyak orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda antara sesama peserta mahasiswa dari sabang sampai marauke hingga masyarakat Maluku yang baik dan ramah. Saya merasa bahagia benar-benar bisa menjalani kehidupan dengan ringan dari urusan berat hingga urusan-urusan kecil, selayaknya hidup sederhana dan ala kadarnya. Saya mendalami cara kerja berkebun, ikut mencari ikan di laut, bermain dan bersua suka di pesisir pantai karena daerah kami bersebelahan dengan lautan yang luas. Kami mengikuti adat berkehidupan di Negeri Herlau serta merasakan sebuah pengembangan diri dan penambah wawasan bentuk bagaimana sewajarnya untuk berkehidupan di dunia.

Saya berharap kegiatan KKN Kebangsaan ini menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa kedepannya dan kegiatan ini akan tetap terus berkelanjutan. Saya pribadi siap untuk mempromosikan kegiatan ini wajib dan harus diikuti oleh mahasiswa, sebab ini adalah salah satu wadah mahasiswa untuk mendapatkan self development dan pembelajaran kehidupan.

 

 

Salam Kebangsaan, Satu Bangsa Indonesia. Maluku, Dangke....

Muthahhar Asqalani Datau

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG