SDGs Center UNG Menguatkan Peran Mahasiswa dalam Mencapai Target SDGs

Oleh: Chalid Luneto . 8 Mei 2024 . 13:06:28

 

 

Sustainable development goals (SDGs) merupakan kerangka pembangunan global yang disepakati oleh negara-negara PBB termasuk Indonesia dengan prinsip universal, inklusif dan tiada yang terkecuali atau no one left behind. Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkomitmen mendukung pencapaian SDGs melalui SDGs center terus berupaya mengarusutamakan SDGs dalam tri dharma perguruan tinggi. Salah satu upaya tersebut, SDGs Center UNG bekerjasama dengan pemerintah Jerman melalui GIZ memperkuat peran mahasiswa untuk mendukung pencapaian target SDGs untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera di segala bidang secara berkelanjutan.

Ketua SDGs Center UNG Dr. Raghel Yunginger, M.Si menegaskan bahwa mahasiswa adalah salah satu modal bangsa untuk mencapai cita-cita SDGs, karena mahasiswa memiliki kompetensi sesuai zamannya, memiliki rasa ingin tahu, memiliki gagasan yang inovatif, memiliki pengetahuan dan skill untuk menjadi agent of change dan social control. Oleh karena itu SDGs center UNG yang didukung juga oleh LPPM UNG memperkuat kapasitas mahasiswa untuk memahami SDGs dan tujuannya serta bentuk perannya termasuk menuangkan ide/gagasan mereka dalam karya tulis ilmiah pada Tanggal 7 Mei 2024.Wakil Rektor Bidang 3 mengapresiasi kegiatan ini karena tema-tema SDGs cenderung menjadi tema berbagai perlombaan kegiatan mahasiswa yang menjadikan mahasiswa sebagai generasi yang peka dengan kondisi di lingkungannya.

Ketua Panitia kegiatan Dr. Sri Sutarni Arifin menginformasikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 24 orang mahasiswa yang mewakili semua fakultas di UNG yang telah membuat karya tulis ilmiah. Narasumber kegiatan ini menghadirkan asesor PKM tingkat nasional Ibu Magdalena Pakaya, Bappeda Provinsi Gorontalo, dan Alumni Duta SDGs Fakultas Pertanian UNG yaitu Rahmatia Lawajo, S.Pd yang telah menjadi sociopreneur di Sekolah Tani Al Hidayah. Sementara karya tulis yang terbaik 1 diraih oleh mahasiswa dari Fakultas Hukum (Aisah Salsabila Al Falaq Inaku), Juara 2 dari Fakultas MIPA (Asti Ananda Tudjaena) dan Juara 3 dari Fakultas Ilmu Pendidikan (Rendy Gobel). Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan model evaluasi dan doorprize yang membuat mahasiswa makin semangat ikut pelatihan. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah mahasiswa yang telah dilatih bertugas untuk mengkampanyekan SDGs dan mengarusutamakan SDGs dalam berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang mereka geluti di Kampus UNG.

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG