Sambal Ikan Tuna, Inovasi Produk Mahasiswa KKNT UNG Maksimalkan Potensi Laut Desa Pinomontiga

Oleh: Chalid Luneto . 18 September 2023 . 11:56:48

 

 

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan ekonomis penting di dunia dan merupakan komoditas perikanan terbesar ketiga di Indonesia. Ikan tuna memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan komoditas perikanan lainnya. Selain itu, ikan tuna juga mengandung mineral kalsium, besi, fosfor, sodium, vitamin A dan vitamin B. Pengolahan ikan tuna dapat meningkatkan nilai jualnya dan mendorong tumbuhnya industri pengolahan ikan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Untuk itu mahasiswa KKN Tematik Desa Pinomontiga Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango, dibawah arahan DPL Yuliana Bakari, SP, MP berinovasi membuat produk Sambal Ikan Tuna sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Pinomontiga terkait proses pengolahan sambal ikan tuna dan bagaimana strategi memasarkan produk tersebut.

Kegiatan workshop pembuatan produk sambal ikan tuna dilaksanakan pada Senin (28/8/2023), di Aula Kantor Desa Pinomontiga dengan Tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penanganan Pasca Panen Hasil Laut dan Pertanian” Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapang, Mahasiswa KKN-T, masyarakat Desa Pinomontiga, Aparat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

 

 

“Pembuatan produk sambal ikan tuna di produksi tidak hanya dari bahan laut saja. Tetapi ada kolaborasi antara pasca panen hasil laut dan pertanian yang menjadi bahan pembuatan sambal ikan tuna. Sehingganya, pemberdayaan masyarakat tidak hanya terfokus pada mereka yang pekerjaannya sebagai nelayan tetapi mengimplikasikan hasil panen petani di dalam pembuatan sambal ikan tuna.” Ungkap Syahreza Ali Akbar Marali, mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara UNG yang merupakan Koordinator Desa Pinomontiga.

Irsan Usman, selaku sekretaris desa memberikan apresiasi terkait produk inovasi yang sambal ikan tuna yang diinisiasi oleh mahasiswa. “Saya sangat bersyukur adanya inovasi pengolahan ikan tuna yang diperkenalkan oleh mahasiswa kepada kami masyarakat desa Pinomontiga, harapan saya kedepannya produk sambal ikan tuna ini mampu menghadirkan peluang usaha pada masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Pinomontiga” Ujar Sekdes saat menyampaikan sambutan pada kegiatan workshop.

 

 

Tujuan dari pembuatan sambal ikan tuna adalah membantu masyarakat meningkatkan perekenomian sekaligus dapat memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang melimpah di desa. Selain itu, sambal ikan tuna juga dapat dijadikan sebagai solusi makanan siap saji. Dosen Pembimbing Lapangan juga menyampaikan hal-hal penting terkait teknik pengolahan pasca panen hasil perikanan dan perhitungan keuntungan serta nilai tambah produk yang dihasilkan oleh mahasiswa.

“Selain produk sambal, mahasiswa juga melakukan program kerja lainnya berupa desain panggung dan pemasangan nomor rumah” pungkas Syahreza.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting