Prof. Nizam : KKN Kebangsaan Hadir Untuk Membangun Persahabatan dan Persaudaraan Nusantara

Oleh: Cindra Zakaria . 21 Juli 2023 . 09:29:55

 

 

Diikuti oleh 951 mahasiswa dari 74 Perguruan Tinggi di Indonesia, KKN Kebangsaan XI mengangkat tema “Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat”. Pembukaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di Stadion Universitas Tanjungpura digelar di Lapangan Bola Universitas Tanjungpura.

Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D menjelaskan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara. Selain itu, KKN Kebangsaan merupakan salah satu wahana bagi perguruan tinggi untuk bersama-sama mewujudkan tridarma perguruan tinggi melalui tindakan nyata membangun masyarakat.

Lebih lanjut, Nizam berpesan bahwa mahasiswa perlu membekali diri dengan ilmu-ilmu kehidupan. Ilmu ini diperoleh dengan berinteraksi langsung dengan berbagai kalangan masyarakat. “Ilmu kehidupan didapatkan justru dari kampus kehidupan, dari petani, masyarakat di desa, buruh, kuli dan para pekerja lapangan. Di sanalah hadir kearifan. Di sanalah belajar tentang keuletan, disiplin, tanggung jawab itulah salah satu tujuan penting dari KKN Kebangsaan,” pesan Nizam.

Nizam juga berpesan kepada peserta KKN Kebangsaan untuk senantiasa membangun persahabatan, baik antar peserta KKN maupun antara peserta KKN dengan Masyarakat. Dikesempatan itu, Nizam juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Barat yang telah menerima dengan baik para peserta KKN Kebangsaan 2023 “Terima kasih kepada Bapak Gubernur Suratmidji atas kesediaan menerima para mahasiswa untuk belajar dan bersama-sama dengan masyarakat membangun desa-desa di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas dan Bengkayang,” ujar Nizam.

KKN Kebangsaan XI dilaksanakan selama satu bulan, dimulai pada 20 Juli 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023. Mahasiswa akan ditempatkan di 98 desa yang berada di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang.

Pembukaan KKN Kebangsaan ke-XI dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan antara lain tanjidor, marching band, tari kolosal, terjun payung dari FASIDA Kalbar, dan flypass dua pesawat tempur BAe Hawk 109/209 Skadron Udara 1 Lanud Supadio.

 

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting