Penyuluhan Implementasi Pupuk Organik dan Pemanfaatannya oleh Mahasiswa KKN Desa Haya-Haya

Oleh: Chalid Luneto . 27 Mei 2024 . 10:04:12

 

 

Mahasiswa KKN Tematik UNG Desa Haya-Haya memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang implementasi pupuk organik dan pemanfaatan pekarangan luar rumah pada Kamis (2/5) bertempat di Demplot Haya-Haya. Kegiatan penyuluhan menjadi program utama dari KKN Tematik UNG yakni “Momongu Kambungu” atau membangun desa. Awalnya mahasiswa mengadakan identifikasi dan observasi lapangan melalui metode brainstorming (bertukar pendapat untuk mendapatkan sesuatu yang dicari). Mahasiswa Koordinator Desa Haya-Haya Bagus Adiitya Laksono bertanggung jawab dalam merumuskan wacana maupun menggagas kegiatan penyuluhan pupuk organik kepada masyarakat.

“Kegiatan yang tepat diterapkan pada KKN Tematik kali ini selaras dengan tema dari KKN yang diamanatkan oleh LPPM UNG, yaitu kegiatan tentang penyuluhan untuk masyarakat tentang implementasi pupuk organik dan pemanfaatan pekarangan. Hal ini didasari oleh kondisi geografis Desa Haya-Haya yang hampir 90% masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani sawah dan kebun", terang Bagus "Selain itu kegiatan ini searah dengan program pemerintah desa, dimana Kades Haya-Haya, Husain Abdullah, ingin menjadikan Desa Haya-Haya sebagai desa mandiri pertanian”.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya adalah Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo. Kegiatan penyuluhan ini mendapat dukungan dan apresiasi dari para narasumber dan masyarakat. 

Menurut para narasumber bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini adalah bagian dari upaya Perguruan Tinggi untuk membantu pemerintah daerah, memberikan edukasi terhadap masyarakat bagaimana cara membuat pupuk ramah lingkungan dan tahapan-tahapan transisi merubah pupuk kimiawi ke pupuk organik. Masyarakat perlu menyadari bahwa pekarangan merupakan tempat yang dapat dimanfaatkan menutupi kebutuhan primer seperti pemenuhan kebutuhan rumah tangga sehari hari.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG