Penutupan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di Pontianak

Oleh: Cindra Zakaria . 20 Agustus 2023 . 10:23:29

 

 

Sebanyak 951 mahasiswa dari 73 universitas di Indonesia telah selesai melaksanakan KKN di 48 desa di wilayah Sambas dan 54 desa wilayah Bengkayang. Kegiatan yang diikuti oleh 951 mahasiswa dari 74 perguruan tinggi di berbagai penjuru negeri se Indonesia serta 2 perguruan tinggi dari perguruan tinggi luar negeri, yaitu University of Malaysia Sarawak (Unimas) dan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam telah berlangsung selama sebulan penuh,  dimulai pada 20 Juli 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023.

KKN Kebangsaan ditutup secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat diwakili Sekda Kalbar, dr. Harisson, M.Kes di Gedung Auditorium Universitas Tanjungpura. Dalam sambutannya Gubernur mengapresiasi kegiatan KKN Kebangsaan. Menurutnya, ini sebagai wujud kebhinekaan bangsa Indonesia yang besar dengan suku dan budaya, namun tetap bersatu dalam semangat nasionalisme, saling menghargai satu sama lain "Saya ucapkan terimakasih kepada kedua kabupaten ini yang telah menerima mahasiswa KKN Kebangsaan melaksanakan kegiatan sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pada point pengabdian kepada masyarakat".

Gubernur sangat berharap kegiatan KKN Kebangsaan harus terus dilakukan untuk memperkokoh semangat generasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin besar yang sukses membangun bangsa dan negara Indonesia "Jadikan pengalaman di perbatasan sebagai pelecut semangat membangun bangsa"

Ditempat yang sama, Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si menyampaikan bahwa KKN kali ini berbeda dengan KKN Kebangsaan tahun sebelumnya karena mahasiswa benar-benar ditempatkan di wilayah perbatasan dan berbaur di sana, “Perbatasan bukanlah sekedar garis pemisah wilayah, mahasiswa berkesempatan langsung melihat kondisinya dan berkontribusi nyata. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung KKN Kebangsaan ini,” kata rektor.

Selaku tuan rumah, dirinya turut memohon maaf apabila terdapat kekurangan dan selamat kembali ke kampus masing-masing.

Acara penutupan juga dihadiri anggota Forkopimda Provinsi Kalbar, Forkopimda Kabupaten Sambas dan Bengkayang, Konsul Malaysia, Rektor Untan dan official dari Perguruan Tinggi peserta KKN Kebangsaan XI. 

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG