Pengembangan Potensi Hasil Pertanian dan Pariwisata di Desa Bihe, Asparaga

Oleh: Chalid Luneto . 11 September 2024 . 14:27:55

 

 

Dalam upaya mengkampanyekan edukasi gizi dan meningkatkan potensi desa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Gorontalo menggelar kegiatan dengan tema Sosialisasi dan Pelatihan Produk Keripik Jagung Varian Sagela di Desa Bihe Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Kegiatan ini ditujukan untuk mencegah stunting dan pengenalan nutrisi seimbang terutama untuk ibu hamil, menyusui, dan anak-anak.

Pelatihan berlangsung di gedung Posyandu Desa Bihe dan diikuti oleh warga serta pemerintah desa pada tanggal 5 September 2024 dibawah arahan langsung oleh DPL Wila Rumina Nento, M.Si.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi tentang potensi jagung sebagai bahan pangan yang kaya nutrisi dan mudah diolah menjadi berbagai jenis produk. Program ini secara khusus menargetkan masyarakat Desa Bihe untuk memanfaatkan jagung sebagai produk olahan yang lebih bernilai tambah, membuka peluang usaha baru dan membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Keripik jagung dengan varian sagela merupakan bumbu baru yang belum umum dijual di pasaran sehingga menciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Selain program kerja utama, mahasiswa memiliki program tambahan membantu pemerintah desa dalam mempersiapkan visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo tahun 2024 melanjutkan pengabdian mahasiswa KKN tahun sebelumnya di Desa Bihe dalam mengembangkan desa wisata arung jeram. Sederet program kerja tambahan diantaranya program camping ground dan pembuatan papan tanda peringatan dan papan informasi daur ulang sampah. 

 

 

Botu Kapali River Tubing & Camp adalah wisata minat khusus yang berlokasi di Dusun Limu Desa Bihe Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Wisata Alam River Tubing Botu Kapali ini dikelola oleh kaum remaja muda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Bihe yang berkolaborasi baik dengan Pemerintah Desa. Wisata alam ini telah diresmikan oleh Bupati Gorontalo sebagai destinasi wisata Arum Jeram Kabupaten Gorontalo.

Botu Kapali River Tubing dipinggirannya terdapat sebuah bukit yang disulap menjadi sebuah camping ground. Dengan pemandangan Gunung Boliohuto Taman Hutan Raya, memberikan pengalaman camping yang luar biasa bagi para pengunjung, ditemani keripik jagung varian sagela dapat menjadi oleh-oleh untuk dinikmati langsung ataupun dibawa pulang.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG