Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal di Desa Bongo

Oleh: Cindra Zakaria . 16 Agustus 2023 . 10:43:50

 

 

Dalam mendukung pengembangan wisata di Desa Bongo Kabupaten Gorontalo, mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo melakukan pendampingan pengembangan pariwisata halal berbasis kearifan lokal dan e-commerce untuk membantu pelaku UMKM Desa Bongo. Untuk itu mahasiswa dan DPL mengadakan workshop pelatihan dan pembinaan manajemen serta pendampingan e-commerce bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok UMKM.

Workshop tersebut dilaksanakan selama 3 hari, 29 - 31 Juli 2023 dan dihadiri oleh Pokdarwis, pengelola desa wisata, perangkat desa, dan para pelaku UMKM. Dalam materi workshop, Dosen Pembimbing Lapangan Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd menekankan pada pentingnya destinasi Wisata Religi Bongo menjadi ikon pariwisata halal di Gorontalo. Lebih lanjut Sayama menjelaskan bahwa salah satu bagian penting dalam pengembangan pariwisata halal adalah adanya jaminan produk yang dipasarkan bersertifikasi sehingga wisatawan merasa nyaman dan puas dengan produk yang mereka beli. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan agar sertifikat halal dapat diperoleh pelaku UMKM.

Mohammad Abror Maaruf atau bisa dipanggil Bariq, mahasiswa KKN di Desa Bongo yang dihubungi via whatsapp mengatakan bahwa dalam mendampingi pengembangan desa wisata halal, mahasiswa turut mempersiapkan aspek produk yang akan dipasarkan. Produk tersebut dibuat oleh pelaku UMKM untuk dijual pada wisatawan "Kami mendampingi penataan lokasi wisata baru di Dusun Timur Desa Bongo yaitu Wisata Kuliner Polotaa. Disana nantinya akan dipamerkan produk-produk hasil UMKM berbasis kearifan lokal yang sementara diuruskan sertifikat halalnya" Kata Bariq.

"Wisata Kuliner Polotaa akan dibuka tanggal 19 Agustus 2023, mengusung konsep food court tempat makan yang terdiri dari berbagai tenant atau counter yang menawarkan jenis kuliner UMKM yang bervariasi" lanjut mahasiswa Jurusan Manajemen itu "Hal-hal terkait Desa Wisata Halal Desa Bongo dapat dilihat pada website yang kami buat di https://website.desareligibongo.com/".

Warga Desa Bongo menyambut baik dan mengapresiasi program kerja pengabdian mahasiswa UNG ini. Diharapkan melalui pengembangan desa wisata halal maka perekonomian warga meningkat "Menurut saya mahasiswa ini bisa membantu kami disini, karena mungkin dengan kegiatan ini ibu-ibu bisa mencukupi kebutuhan ekonomi mereka" ujar salah satu warga.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting