Pengabdian di Batas Negara, KKN Kebangsaan di Kabupaten Sambas dan Bengkayang

Oleh: Cindra Zakaria . 21 Juli 2023 . 16:30:41

 

 

Propinsi Kalimantan Barat berdasarkan letak geografis tepat dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang 0) tepatnya di atas Kota Pontianak. Karena pengaruh letak ini pula, maka Kalbar adalah salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi. 

Hadirnya KKN Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura di Kalimantan Barat sangat diapresiasi dan didukung oleh Gubernur Kalbar, TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat, Kapolda Kalbar, Forkompimda, dan mitra masyarakat.

Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si. mengatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler perguruan tinggi yang memadukan dharma pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan. "Keberadaan KKN Kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa untuk memberikan kesempatan mengembangkan kemampuan untuk bekerja sama, menjadi pelopor kemajuan daerah, khususnya daerah perbatasan," kata Garuda

Menurutnya terbentuknya KKN Kebangsaan menumbuhkan karakter untuk dapat saling percaya, mengembangkan toleransi dan memperkuat modal sosial sebagai pengikat kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI yang kita cintai.

“Program ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatnya di perguruan tinggi, mengembangkan soft skills, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan atau cinta tanah air, serta rasa percaya diri dalam mempersiapkan diri menghadapi realitas kehidupan sosial kemasyarakatan, belajar bersama masyarakat, dan turut memberdayakan masyarakat di lokasi kegiatan,” katanya.

Tahun ini, KKN Kebangsaan mengangkat tema “Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan”. Sesuai dengan tema tersebut dipilih dua wilayah sebagai lokasi pelaksanaan KKN Kebangsaan ke-XI yaitu Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang yang terletak di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia di Kalimantan Barat. Hadirnya 951 mahasiswa di Kalbar adalah untuk merayakan Kebinekaan tunggal ika dan bersama-sama membangun negeri dari pinggiran batas Negara.

 

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting