Pendampingan Penyusunan RPP Dan LKPD Pada Guru Prakarya: Integrasi Pangan Lokal Cegah Stunting

Oleh: Chalid Luneto . 21 Juli 2023 . 14:45:54

TIM Kedaireka Matching Fund Universitas Negeri Gorontalo Bersama BKKBN Provinsi Gorontalo, Jumat (21/7/2023)

 

Gorontalo - TIM Kedaireka Matching Fund Universitas Negeri Gorontalo Bersama BKKBN Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berlangsung di aula SMA Negeri 1 Dungaliyo, Jumat (21/7/2023).

Pendampingan LKPD berjudul “Cemara E-Gasing: Cegah Anemia Remaja Melalui Edu-Digital Pangan Lokal Menuju Gorontalo Bebas Stunting “yang diketuai Prof Dr. Margaretha Solang, M.Si berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi dengan topik “Integrasi Pangan Lokal Cegah Anemia pada Guru Prakarya” dibawakan oleh Muh. Nur Akbar, S.Pd., M.Pd dan dihadiri pula para guru Prakarya dari SMA Negeri 1 Dungaliyo, SMA Negeri 1 Batudaa Pantai, SMA Negeri Biluhu, SMA Negeri 1 Tilango, dan SMA Negeri 1 Pulubala. Selanjutnya, dilakukan penyusunan LKPD dengan topik pangan lokal dari setiap wilayah. Berdasarkan topik tersebut para guru diberikan pendampingan langsung dalam penyusunan LKPD yang baik dan benar.

Adapun hasil yang diharapkan melalui kegiatan ini, para guru melakukan suatu kreasi makanan dengan memanfaatkan pangan lokal kemudian dirangkaian pembuatan suatu lembar kerja yang nantinya akan menjadi lembar kerja bagi peserta didik. Diharapkan pula seluruh guru prakarya dari kelima sekolah tersebut nantinya dapat mengintegrasikan materi yang diperoleh hari ini untuk dilaksanakan di tahun pelajaran berikutnya. Hal ini, didukung dari lima sekolah sasaran terdapat 4 sekolah diantaranya mengambil topik pengolahan pangan pada mata pelajaran prakarya, sedangkan salah satunya mengambil topik kerajinan. Prof Dr. Margertha Solang, M.Si menyampaikan bahwa pentingnya memanfaatkan pangan lokal untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat khususnya dalam penanganan masalah stunting.

Di tempat yang sama, Hartati Harun, S.Pd., M.Pd selaku kepala kepala sekolah SMAN 1 Dungaliyo kabupaten Gorontalo menyampaikan sangat mengapresiasi program kedaireka ini yang nantinya akan dijadikan sebagai project sekolah  kedepannya, Ungkapnya dalam sambutan pada penutupan acara tersebut.

Sumber : kinigorontalo.com

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting