Pembukaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023

Oleh: Chalid Luneto . 20 Juli 2023 . 13:01:26

 

 

Pontianak - KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 dibuka dengan meriah dengan diawali atraksi terjun payung oleh anggota TNI Angkatan Udara sekaligus Atlet Nasional peraih Medali diajang olahraga Nasional maupun Internasional. Selain itu ditampilkan atraksi tari-tarian berbagai provinsi dari Sabang hingga Merauke dan penampilan Tari Naga Liang Liong oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, SH, M.Hum mengawali sambutannya dengan salam budaya Suku Dayak Kanayan Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata dan dibalas dengan ucapan Arus ... Arus...Arus...., yang artinya setuju.... setuju....setuju.... Salam itu biasa diucapkan sebagai salam pembuka di setiap acara kegiatan yang diselenggarakan oleh berbagai unsur masyarakat termasuk pemerintah, yang mengandung makna Adil kepada Sesama Manusia, Bercermin ke Surga, Nafas Hidup itu berasal dari Tuhan. "Ada 300 lebih tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat. Daerah lokasi KKN di wilayah utara berbatasan langsung dengan Sarawak - Malaysia yaitu Sambas dan Bengkayang, disana potensi wisata berupa riam dan pantai yang indah" terang Gubernur.

Rektor Univesitas Tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, SH, M.Si mengatakan bahwa Untan siap menyelenggarakan KKN Kebangsaan XI selama 1 bulan kedepan "Suatu kehormatan bagi Untan terpilih sebagai penyelenggara KKN Kebangsaan 2023. Lokasi KKN Kebangsaan berbatasan langsung dengan Malaysia. Upaya membangun karakter bela negara juga sejalan dengan program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadim Anwar Makarim merupakan langkah strategis untuk memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk belajar sesuai dengan passion-nya agar terbentuk profil mahasiswa yang adatif, kreatif, inovatif, memiliki keterampilan masa depan dan memiliki kepedulian sosial sebagai refleksi karakter Pancasila" Kata Garuda.

"Semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Kita selalu berharap seluruh mahasiswa peserta KKN Kebangsaan, pembimbing lapangan, anggota TNI, Polri, Bupati, Kepala Desa dan mitra-mitra strategis yang langsung terjun di lapangan selalu sehat dan diberikan kelancaran dalam pelaksanaan seluruh kegiatan KKN Kebangsaan dan kembali ke daerah masing-masing dengan membawa pengalaman baik dan mengesankan" harap Garuda.

"Terimakasih atas seluruh pihak yang sudah mendukung hingga terselenggaranya KKN Kebangsaan XI" tutupnya.

KKN Kebangsaan XI kali ini mengangkat tema "Meneguhkan nilai-nilai kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI di wilayah perbatasan negara di Kalimantan Barat". Ada 11 orang mahasiswa utusan dari Universitas Negeri Gorontalo.

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting