Pembuatan Teh Herbal Rambut Jagung oleh Mahasiswa KKN-PK di Desa Tapadaa

Oleh: Cindra Zakaria . 14 Agustus 2023 . 16:08:35

 

 

Jagung merupakan komoditas pertanian strategis masa depan penghasil karbohidrat. Permintaan jagung baik untuk pangan maupun pakan terus meningkat seiring peningkatan populasi global. Di Gorontalo jagung merupakan salah satu komoditi pertanian unggulan. Penanaman ladang jagung sangat luas. Seluruh bagian tanaman jagung dapat dimanfaatkan, termasuk rambut jagung.

Rambut jagung atau adalah sebuah nama umum untuk serat mirip rambut yang tumbuh pada bagian buah padi dari tanaman jagung. Rambut jagung ternyata memiliki kandungan sitosterol, stigmasterol, glikosida, fenolik, alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Kandungan ini dapat memberikan efek fisiologis bagi tubuh sehingga rambut jagung dapat dijadikan minuman fungsional.

Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan UNG di Desa Tapadaa membuat pelatihan pembuatan teh herbal dari rambut jagung untuk penderita diabetes. Minuman herbal rambut jagung dapat direbus atau diseduh dengan air mendidih. 

"Teyi lami-lamito binde (teh berasa jagung). Enak" begitu tanggapan salah satu masyarakat.

Dalam melaksanakan pengabdiannya mahasiswa perlu melakukan pemberdayaan masyarakat desa. Keterlibatan peran Kader Kesehatan Desa perlu untuk menggerakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pelatihan Pembuatan Teh Herbal Rambut Jagung (29/7) diikuti oleh masyarakat Desa Tapadaa dengan antusias. Disamping program inti, kegiatan ini dikaitkan dengan program tambahan Pemeriksaan Kesehatan Gratis bekerja sama dengan pihak Puskesmas Botumoito dari segi tenaga kesehatan dan alat kesehatan.

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting