Pemanfaatan Limbah Pertanian Menjadi Briket Arang di Desa Juriya Kecamatan Bilato

Oleh: Cindra Zakaria . 23 Mei 2023 . 11:17:52

 

Desa Juriya Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu lokasi penempatan mahasiswa KKN Tematik Tahap I Periode Maret - Mei 2023. Ada 10 orang peserta KKN UNG yang menjalankan kegiatan pengabdian di Desa Juriya selama 45 hari lamanya.  

Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc sebagai Dosen Pembimbing Lapangan mengangkat topik pemberdayaan potensi desa melalui program wirausaha melalui pembuatan briket dengan memanfaatkan bahan dasar dari limbah pertanian.

Penduduk Desa Juriya sebagian besar bekerja sebagai petani "Kami memanfaatkan limbah tongkol jagung sebagai bahan dasar pembuatan briket, kebetulan banyak masyarakat yg bertani jagung di sini. Pemuda Karang Taruna sangat antusias dan terlibat dengan kegiatan pembuatan briket ini" Ungkap Aldi Batalipu, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum UNG. 

"Selain briket, kami juga mempunyai program tambahan lain untuk memulihkan pendapatan masyarakat pasca covid. Diantaranya stik jagung dan minyak kelapa kampung, kami bekerja sama dengan kelompok masyarakat" Pelaksanaan program mahasiswa sudah terlaksana 75%, "Semoga bisa sukses hingga selesai pelaksaaan pengabdian kami disini" Kata Aldi optimis.

Menurut Aldi, kelompok wirausaha Desa Juriya sudah berjalan sejak Tahun 2018. Kendala yang ditemui masyarakat ada di proses pemasaran.  "Insya Allah untuk tindak lanjutnya kami akan membuat sosialisasi program pelatihan digital marketing untuk 3 kelompok masyarakat, sehingga kedepannya pemasaran produk-produk unggulan Desa Juriya lebih meluas jangkauannya" tandasnya

 

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG