Pelatihan SDGs Bagi Akademisi UNG Untuk Penguatan Integrasi SDGs dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

Oleh: Chalid Luneto . 20 Mei 2024 . 11:45:39

 

 

Perguruan tinggi merupakan salah satu katalisator pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) termasuk Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk lebih memperkuat integrasi SDGs dalam kegiatan Tri Dharma, maka SDGs Center UNG memberikan pelatihan terhadap akademisi UNG yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Tanggal 17-18 Mei 2024.

Kepala Pusat SDGs Center UNG Dr. Raghel Yunginger, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa UNG telah banyak melaksanakan program-program yang bersesuaian dengan indikator SDGs, bahkan melalui kepemimpinan Rektor Prof Dr. Eduart Wolok, UNG adalah univeritas pertama yang mendirikan SDGs Center dari Kawasan Teluk Tomini.

Saat ini UNG terus terus memotret dan mengembangkan system integrasi SDGs baik dalam perkuliahan, penelitian maupun pengabdian oleh dosen maupun mahasiswa. Wakil Rektor Bidang Akademik Bapak Dr. Abdul Hafidz Olii saat membuka kegiatan pelatihan menyampaikan bahwa UNG merupakan mitra pemerintah akan terus mendorong pencapaian target SDGs melalui kegiatan penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa.

Sementara ketua panitia, Ibu Lia Amalia menginformasikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dari semua fakultas termasuk pascasarjana UNG yang mendesain akademik di tingkat fakultas. Disamping itu peserta dosen dilatih metode-metode evaluasi dan proyeksi pencapaian target SDGs baik di daerah maupun nasional bersama narasumber dari SDGs Center UNPAD dan UNHAS. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah lebih mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh untuk memperkuat kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang terintegrasi dengan indikator SDGs dan mengukur ketercapaiannya.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG