Monitoring dan Evaluasi Program Kedaireka Tahap 1 Tahun 2023

Oleh: Cindra Zakaria . 6 Oktober 2023 . 16:55:43

 

 

Tim Monev Ditjen Diktiristek Kedaireka mengadakan monitoring dan evaluasi program MF Kedaireka Tahap 1 di Universitas Negeri Gorontalo pada hari Jumat, 6 Oktober 2023. 

Monev tahap 1 ini difokuskan pada judul "Cemara E-Gasing (Cegah Anemia Pada Remaja Putri Melalui Edudigital Pangan Lokal Menuju Gorontalo Bebas Stunting" yang diketuai oleh Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si.

Monev dibagi dalam 2 mekanisme, yang pertama untuk penerima dana dan mitra, dan yang kedua kepada penerima manfaat yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, guru dan siswa dari SMA 1 Tilango dan SMA 1 Dungaliyo.

 

 

Kepala sekolah SMA 1 Dungaliyo Hartati Harun, M.Pd mengatakan bahwa ada 20 orang siswi di sekolahnya yang terpilih sebagai objek perlakuan berdasarkan hasil skreening pada tahap awal pemeriksaan anamnesis dan pengukuran Hemoglobin. Setiap hari siswa yang mendapatkan perlakuan ini didampingi dan diberikan susu jagung dan bakso "Program ini akan berlaku selama 2 bulan lamanya dan sekarang memasuki minggu terakhir. Setelah ini akan diperiksa lagi apakah ada perubahan peningkatan Hb-nya" jelas Hartati.

Ditempat yang sama dr. Sully dari Dinas Kesehatan berharap bahwa program yang sangat baik ini jangan sampai putus begitu saja tapi dapat tuntas hingga hasil akhir "Kelanjutannya bisa melihat dari faktor pre disposisi terhadap hal-hal yang menyebabkan anemia, pola penyakit, hygiene, dan edukasi kesehatan bagi orang tua" harapnya. "Pencegahan stunting dari remaja wanita ini penting sebab kedepannya mereka akan menjadi ibu. Ibu yang sehat tidak KEK (Kurang Energi Kronis) akan melahirkan bayi yang sehat,” kata dr. Sully.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting