MF Kedaireka Gelar Pendampingan Pengolahan Pangan, Pengelolaan Kantin dan Edukasi Pemasaran

Oleh: Chalid Luneto . 20 Juli 2023 . 13:21:41

Demo Pembuatan Pangan Lokal Seperti Bakso Kerang Darah Dan Susu Fermentasi Jagung Pulut. Kamis (20/7/2023).

Tim Matching Fund (MF) Kedaireka yang diketuai Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si melaksanakan Pendampingan Pengolahan Pangan Lokal dengan menghadirkan para guru Prakarya dan Pengelola Kantin di lingkungan SMA di wilayah Kabupaten Gorontalo dipusatkan di SMA Negeri 1 Dungaliyo, Kamis (20/7/2023).

Mengusung tema “Cemara E-Gasing: Cegah Anemia Remaja Melalui Edu-Digital Pangan Lokal Menuju Gorontalo Bebas Stunting” yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 20 s.d 21 Juli 2023.

Joko Wiyanto, SE., M.Pd. selaku Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa penanganan stunting sebaiknya diawali dari hulu yaitu dari usia remaja, karena remaja merupakan generasi penerus bangsa yang mempersiapkan diri mereka untuk berkeluarga agar tidak melahirkan keturunan yang beresiko stunting. Selain itu, Joko Wiyanto juga menekankan hal ini melalui materi dengan topik Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) untuk Pemenuhan Gizi Seimbang Remaja. “Untuk itu perlu diberikan edukasi terkait pemenuhan gizi dengan melibatkan para guru dalam mengintegrasikan pengolahan pangan lokal ke dalam kurikulum pembelajaran” Jelasnya.

Lalu dilanjutkan dengan demo pembuatan pangan lokal seperti bakso kerang darah dan susu fermentasi jagung pulut. Makanan tersebut merupakan produk olahan yang kaya akan kandungan Fe, Zinc, Kalsium, dan Protein, yang sangat membantu dalam mencegah anemia khususnya pada remaja, sehingga memiliki status gizi yang baik dan ketika dewasa nanti dapat melahirkan anak yang tidak beresiko stunting. Kegiatan ini juga dihadiri para pengelola kantin yang diharapkan dapat menyediakan makanan jajanan yang sehat dan bergizi khususnya makanan yang membantu penanganan masalah gizi bagi remaja.

Para pengelola kantin juga diberikan bekal materi tentang pengelolaan kantin, meliputi cara mengolah pangan dengan baik dan benar, pengemasan hingga penghitungan biaya pemasaran.

Sumber : kiniberita.com

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting