Mahasiswa Pengabdian UNG Bersama Masyarakat Lakukan Konservasi Air Tanah di Kawasan Geowisata Olele

Oleh: Chalid Luneto . 23 September 2024 . 08:35:37

 

 

Desa Olele atau yang dikenal dengan Taman Nasional Laut Olele adalah tempat wisata bahari di perairan Teluk Tomini. Pantai Olele adalah primadona surga laut dan menjadi salah satu keunggulan Provinsi Gorontalo. Sebagai destinasi wisata bahari dengan keindahan terumbu karang, Desa Olele sangat bergantung pada air tanah untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi, dan sektor pariwisata. Namun, pemahaman masyarakat mengenai konservasi air tanah masih minim. Oleh karena itu, tim PkM UNG menggelar program pemberian edukasi dan solusi atas permasalahan tersebut.

Tim Pengabdian KKN Skema PKM dari Universitas Negeri Gorontalo mengadakan kegiatan "Sosialisasi dan Pelatihan Pemberdayaan dalam Upaya Konservasi Air Tanah di Kawasan Geowisata Olele untuk Pengembangan Berkelanjutan Geopark Teluk Tomini'. Sebelumnya telah dilakukan di Desa Olele untuk menganalisis kualitas dan kuantitas air tanah. Dengan melibatkan warga masyarakat, tim PkM melakukan sosialisasi konservasi air tanah dan pelatihan modul konservasi serta praktik pembuatan lubang resapan biopori dan sumur resapan dengan metode modern.

Sosialisasi ini telah dilaksanakan di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone pada Senin, 9 September 2024 kemarin. Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya konservasi air tanah guna mendukung pembangunan berkelanjutan di kawasan Geopark Teluk Tomini.

"Praktik ini merupakan langkah nyata untuk menjaga keberlanjutan air tanah di wilayah Desa Olele," ungkap Ninasafitri, Ketua Tim Pengabdian "Program pembuatan lubang resapan biopori membantu mempercepat peresapan air ke dalam tanah sekaligus mengolah sampah organik menjadi kompos".

Biopori untuk meningkatkan daya serap tanah terhadap air hujan, mencegah banjir, serta menjaga ketersediaan air tanah secara berkelanjutan. Sementara sumur resapan berfungsi untuk menampung dan menyimpan air hujan, mencegah intrusi air laut di daerah pesisir, serta menjaga keseimbangan air tanah. Mahasiswa KKN berperan aktif dalam pendampingan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan pentingnya konservasi air tanah di Desa Olele.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG