Mahasiswa MBKM Desain Arsitektur Rumah Sederhana Sehat dan Tata Kawasan Wisata Tanjung Tihu Bone Bolango

Oleh: Cindra Zakaria . 8 November 2023 . 12:50:32

 

 

Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo mengikuti kegiatan MBKM Terintegrasi KKN Periode III Tahun 2023 di Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango menyajikan sebuah program kerja berupa penataan pemukiman nelayan yang terintegrasi dengan kawasan wisata. Proker ini dibawah arahan dan bimbingan DPL Dr. Heryati, ST, MT dkk.

Adi Iswandi Adalai, salah satu mahasiswa KKN mengungkapkan bahwa proker utama mereka di Desa Tihu dibagi dalam dua program yaitu penataan pemukiman nelayan dan penataan kawasan wisata, "Program utama kami ada dua, yaitu penataan pemukiman nelayan serta penataan kawasan wisata Tanjung Tihu. Untuk keluarannya kami batasi hanya sampai pada gambar kerja proyek dan hasil perhitungan RAB" jelas Adi.

"Pertama, proker penataan pemukiman nelayan. Tujuan awal kami yaitu menata pemukiman nelayan yang berletak di pinggir pantai. Namun setelah observasi dan diskusi bersama kepala desa beserta tokoh masyarakat, ditemukan bahwa penataan pemukiman nelayan bukan merupakan suatu urgensi saat ini, dikarenakan sudah adanya kawasan khusus bagi para nelayan di Desa Tihu. Oleh karena itu fokus kerjan kami alihkan dari penataan wilayah menjadi klinik arsitektur rumah sederhana sehat bagi tiap masyarakat yg terdata sebagai nelayan di Desa Tihu. Pada proker pertama ini, kelengkapan sarana dan prasarana desa juga menjadi perhatian utama yang perlu kita kerjakan" kata mahasiswa angkatan 2020 itu.

"Dan program utama kedua kami berupa penataan kembali kawasan wisata Tanjung Tihu mulai dari perbaikan akses masuk hingga kelengkapan fasilitas di dalamnya. Pemerintah Desa sangat mengapresiasi dan antusias menanggapi setiap proker yang kami ajukan. Pemerintah Desa berencana menindaklanjuti gambar desain kami dan untuk pembangunan fisiknya akan ditindaklanjuti oleh desa di penganggaran dana desa tahun 2024"

 

 

Lebih lanjut Adi menjelaskan bahwa ada empat objek desain gambar kerja serta RAB yang dikerjakan oleh mahasiswa KKN Desa Tihu berupa taman bermain anak Poskesdes Tihu, gambar kerja As-Built kandang ayam desa, gambar kerja serta RAB Batas Desa Tihu, dan gambar kerja serta RAB renovasi Kantor Desa. 

Mahasiswa berkolaborasi dengan karang taruna dan pemerintah desa dalam setiap program kerjanya, beberapa program tambahan lainnya berupa kegiatan perayaan hari kemerdekaan, perayaan hari besar keagamaan dan hari nasional sumpah pemuda. 

Desa Tihu termasuk dalam kawasan Teluk Tomini yang merupakan kawasan prioritas pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terintegrasi KKN oleh Universitas Negeri Gorontalo. Masyarakat nelayan pesisir pantai Desa Tihu menjadi mitra sasaran. Pengembangan dan pemberdayaan kampung nelayan adalah bagian integral dari penataan kawasan wisata Tanjung Tihu secara ekonomi, sosial dan budaya. Pelibatan keluarga nelayan dan masyarakat desa sebagai pelaku wisata langsung dapat berupa pemanfaatan hasil tangkap dalam memenuhi kebutuhan kuliner, aktivitas wisata seperti transportasi, tour guide, rumah makan dan lainnya. Aktivitas pendukung pengembangan wisata yang berada disekitar permukiman juga memerlukan pendampingan dan pemberdayaan yang bersifat intens, sehingga masyarakat nelayan mampu terlibat dalam mendukung kegiatan pariwisata.

Pantai Tihu memilki potensi wisata dengan kondisi alam yang indah, Adi dan mahasiswa KKN lainnya berharap desain dan tata kawasan yang telah mereka rintis dapat dilanjutkan oleh peserta KKN berikutnya, agar keberlanjutan program ini pada akhirnya dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan penataan lingkungan kawasan Wisata Tanjung Tihu.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting