Mahasiswa KKNT Destana Desa Balahu Buat Jalur Evakuasi Bencana

Oleh: Cindra Zakaria . 29 April 2024 . 15:48:21

 

 

Desa Balahu Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu lokasi penempatan mahasiswa KKN Semester Genap Universitas Negeri Gorontalo. Sejumlah 15 orang mahasiswa dari berbagai jurusan ilmu melakukan pengabdian di Desa Balahu dengan mengusung program kerja utama berupa pemetaan dan pembuatan jalur evakuasi bencana.

Abdul Mufli S. Mento, peserta KKN sekaligus koordinator mengatakan bahwa mahasiswa akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Kabupaten Gorontalo dalam menuntaskan program yang mereka jalankan.

"Rencana kami akan melakukan kerja sama dengan pihak BPBD dan senin kemarin sempat konsultasi. Dari BPBD akan melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait cara menghadapi bencana, dan outputnya nanti akan dibentuk Destana Balahu" jelas Mufli.

"Namun untuk eksekusinya belum ada tanggal pasti. Karena dari kami mahasiswa sekarang masih mengolah data hasil observasi terkait kondisi Desa Balahu. Rencananya kegiatan sosialisasi pemetaan bencana dengan BPBD ini akan dilaksanakan awal bulan Mei" kata mahasiswa Jurusan Teknik Elektro itu.

Lebih lanjut Mufli mengatakan pemerintah desa Ayahanda Desa Balahu, Ismail Rahman, sangat mendukung program terkait pemetaan jalur evakuasi mengingat desa ini sering mengalami banjir, terutama di Dusun Dulango.

Selain Destana, mahasiswa mengadakan beberapa program tambahan berupa jumat bersih, kerja bakti bersih desa, kegiatan keagamaan selama Ramadan, dan kegiatan kesenian. Kegiatan ini pun mendapat respon positif dan disambut antusias oleh masyarakat Desa Balahu.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG