Mahasiswa KKN UNG Bantu Upaya Peningkatkan Kapasitas dan Efektivitas UMKM Desa Bilato

Oleh: Chalid Luneto . 12 September 2024 . 11:53:10

 

 

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo di Desa Bilato Kabupaten Gorontalo mengadakan kegiatan penguatan kelembagaan UMKM pada Senin, 9 September 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa di desa pengabdian mereka yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat untuk membangun kawasan Entrepreneur Village berbasis Smart Village.

Dibimbing langsung oleh DPL Dr. Raflin Hinelo, SE., M.Si., Dr. Irawati Abdul, SE., M.Si., dan Dr. Selvi, SE., M.Si, mahasiswa mengadakan kegiatan pelatihan tentang manajemen usaha, pencatatan keuangan, pemasaran, serta strategi pengembangan produk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Bilato.

Sumber daya ikan Nike sebagai potensi unggulan desa memiliki potensi besar untuk diolah menjadi produk andalan desa. "Potensi di Desa Bilato sangat besar. Para pelaku UMKM yang ada dapat berkembang dengan baik jika manajemen usaha mereka berjalan optimal, terutama dalam hal pemasaran berbasis digital," ujar Dr. Selvi.

Turut hadir Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo, Bonny AR. Moonti, S.Sos., M.Si. Beliau mengatakan kegiatan-kegiatan seperti ini didukung oleh Dinas Koperasi dan UMKM Gorontalo dan kami siap memberikan bantuan yang diperlukan dalam pengembangan dan penguatan kapasitas pelaku usaha menghadapi berbagai tantangan.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG