Mahasiswa KKN Dampingi Masyarakat Desa Tunas Jaya Dapatkan Sertifikat Pangan Rumah Tangga

Oleh: Chalid Luneto . 15 Agustus 2023 . 16:19:09

 

 

Desa Tunas Jaya merupakan salah satu desa di Wilayah Kecamatan Bonepantai yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, petani, PNS, buruh bangunan dan sebagian lagi wiraswasta dalam usaha – usaha mikro. Aparat pemerintah desa ini sangat memperhatikan kemajuan desanya terutama dalam sektor pertanian mengingat lokasi desa ini yang berada tepat di bawah gunung dan memiliki tanah yang subur.

Mahasiswa KKN yang melakukan pengabdian di Desa Tunas Jaya bekerja sama dengan BUMDes menghadirkan narasumber dari BPOM Provinsi Gorontalo mengadakan Sosialisasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) pada Senin (7/8) di Aula Kantor Desa Tunas Jaya.

"Setelah kami lakukan observasi lapangan ditemukan bahwa kelompok UMKM di Desa Tunas Jaya terkendala pada pemasaran produk yakni belum adanya surat izin edar. Kami berinisiatif meIakukan sosialisasi dan melakukan pendampingan kepada UMKM hingga dapat memperoleh sertifikat pangan," Kata Rahmat Mahmud, Kordes Tunas Jaya.

Keterbatasan pengetahuan tentang cara pengolahan pangan, cara pelabelan dan perluasan wilayah pemasaran dan perolehan ijin produksi menjadi kendala umum UMKM yang ada di desa.

"Sosialisasi sudah diadakan tanggal 7 Agustus 2023 kemarin, saat ini kami dalam masa pendampingan UMKM" lanjut mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi ini, "Selain sertifikat UMKM kami pun mengadakan program kerja lainnya yakni pelatihan desain grafis. Pelatihan ditujukan kepada aparat desa, BUMDes, UMKM dan Karang Taruna agar pengelolaan SDM di Desa Tunas Jaya semakin bersaing di era digital yang sangat cepat sekarang ini" kata Kordes.

Kepala Desa Tunas Jaya, Ibrahim Badu mengatakan dukungannya dengan program kerja mahasiswa KKN UNG, "Saya sebenarnya sudah punya keinginan untuk mengatasi masalah surat izin edar produk ini, namun saya belum sempat melakukan hal tersebut dan syukur Alhamdulillah ada mahasiswa KKN UNG yang melaksanakan kegiatan ini, jadi saya merasa terbantu,” ujarnya.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting