Mahasiswa KKN Buat Snack Penuh Gizi Tortilla Chips

Oleh: Chalid Luneto . 29 November 2023 . 10:38:10

 

 

 

Desa Inomata Kecamatan Bone Raya, Bone Bolango merupakan salah satu desa penempatan MBKM Terintegrasi KKN Periode III oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2023. Disini, mahasiswa peserta KKN membuat beberapa program kerja dibawah arahan DPL. Program inti mereka berupa pengolahan pangan berbasis ikan dan jagung.

"Kami mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Tortilla Chips sebagai pencegah penganan sehat yang dapat membantu mencegah stunting pada anak - anak di Desa Inomata, itu program utama kami yang menyasar kader kesehatan dan ibu-ibu PKK serta masyarakat yang memiliki balita. Kegiatan ini telah terselenggara pada Sabtu, 14 Oktober 2023 kemarin" kata Efraim M. Mahaling, mahasiswa KKN Jurusan Ilmu Teknologi Pangan.

"Tortilla ini menggunakan paduan antara tepung jagung nikstamal dan tepung ikan serta beberapa bahan tambahan lainnya, dengan takaran yang baik sehingga dapat dibuat menjadi keripik bergizi yang enak dan disukai anak-anak maupun dewasa. Pelatihannya dari awal penyiapan bahan, pengolahan bahan hingga menjadi tortilla, dan penerapan kebersihan pengolahan makanan hingga proses pengemasan dan pelabelan" jelas Efraim.

Data mengenai jumlah anak stunting di Desa Inomata memang belum ada, hal ini mungkin disebabkan belum adanya pendataan mengenai kejadian stunting pada anak. Pada Tahun 2018 data stunting pada tingkat Kecamatan Bone Raya terdapat 100 kasus kejadian stunting pada anak (Boneraya dalam Angka). Dengan begitu Pemerintah Daerah Bone Bolango terus menggiatkan langkah-langkah untuk menurunkan angka stunting di Bone Bolango.

"Pemerintah desa sangat mendukung program-program yang kami buat, dan itu sejalan dengan program yang ada di Desa Inomata itu sendiri diantaranya pencegahan stunting. Selain itu kami membuat program kerja tambahan berupa kegiatan membantu pemerintah desa dalam menjalankan program ketahanan pangan, penyuluhan sanitasi lingkungan dan jajanan sehat di Sekolah Dasar," lanjut Efraim, "Kami pun membersamai kegiatan Posyandu yang diadakan setiap bulan oleh kader kesehatan, melakukan giat wajib Jumat bersih, kegiatan kerja bakti dengan masyarakat setiap Sabtu dan mengadakan kegiatan Pentas kesenian se-Kecamatan bersama Karang Taruna. Sekitar 80% program sudah tuntas terlaksana, semoga semuanya selesai hingga waktu berakhirnya pengabdian kami disini".

Desa Inomata berada di Kabupaten Bone Bolango, merupakan daerah pesisir pantai yang kaya akan sumber daya alam. Melimpahnya hasil perikanan dan pertanian di Desa Inomata belum dimanfaatkan secara optimal. Selama ini hasil perikanan dan pertanian hanya dikonsumsi dalam bentuk olahan untuk lauk sehari-hari. Pembuatan keripik Tortilla ini dapat menjawab permasalahan kurangnya diversifikasi pangan hasil pertanian dan perikanan yang ada di Provinsi Gorontalo.

 

 

Agenda

7 Februari 2024

Rapat Kerja LPPM UNG

Mengokohkan Klasterisasi Mandiri melalui Akselerasi Kolaborasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2024

19 Januari 2024

Pembekalan Pengusulan Proposal Hibah Dana Padanan Tahun 2024

Lokasi : Ruang Seminar Lt. 2 LPPM UNG

14 - 15 Desember 2023

Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pembiayaan DRTPM

Bedah dan tips proposal untuk dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo

15 November 2023

Seminar Proposal Inovasi Pengembangan Perangkat Lunak Instrumen Penilaian Beragam LMS Moodle

Pukul 08:00 WITA di Ruang Sidang 1 LPPM UNG