LPPM UNG Gelar Seminar 107 Proposal Penelitian Secara Online

Oleh: Chalid Luneto . 6 April 2020 . 09:00:00

Penerapan kebijakan Rektor untuk bekerja dari rumah bagi seluruh civitas akademika UNG, termasuk bagi dosen tidak menghambat pelaksanaan unsur kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang penelitian. LPPM UNG menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan penyesuaian kegiatan penelitian dan pengabdian seperti dengan melaksanakan Seminar Proposal Penelitian PNBP Tahun Anggaran 2020 secara daring. 

Pelaksanaan seminar dijadwalkan selama 4 (empat) hari dari tanggal 6 hingga 9 April 2020 dan diikuti oleh 107 proposal penelitian. Pelaksanaan seminar proposal dilakukan secara daring menggunakan App Video Conference. Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si, menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi proposal penelitian dosen dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu proses pendaftaran proposal, proses seleksi administrasi/desk evaluasi, tahapan pemaparan proposal/seminar, dan pengumuman hasil.

"Dalam pemaparan seminar nanti ada 107 proposal dikompetisikan dan akan tampil mempresentasikan secara bergantian sesuai jadwal. Penilaian oleh tim penilai internal UNG. Untuk memudahkan pelaksanaan seminar kali ini kita lakukan uji coba sehari untuk komunikasi secara online, mengetes perangkat yang akan digunakan dan koneksi internet yang akan dipakai, semuanya nantinya kita coba termasuk video/audio melalui video conference" kata Ishak. "Masing-masing peserta diberi kesempatan presentasi 10-15 menit, kita akan jadwalkan dalam 3-4 hari, setiap harinya akan ada pengelompokan sesuai skema penelitian dan akan dinilai langsung oleh reviewer/tim penilai secara online juga"

Menurut ia, tidak akan ada pengulangan waktu tampil/jadwal seminar "Semua kita sudah atur mulai dari tim penilai/reviewer, jadwal tampil, skenario presentase, sampai petugas operator teknis, petugas pelayanan administrasi, dan lainnya. Jadi tidak ada alasan ataupun tidak dapat menjalankan aplikasi untuk memaparkan presentase nya melalui online" terang Ishak.

Ditanya soal berapa kuota dan biaya yang disiapkan, Guru Besar Pendidikan Kimia itu menambahkan "Untuk jumlah kuota yang terterima kita akan lakukan seleksi sesuai aturan atau mekanisme yang ada. Namanya kompetisi pasti ada yang lolos dan tidak lolos dan untuk alokasi dana yang disiapkan, khusus tahun ini LPPM menyiapkan dana penelitian kurang lebih sekitar 2M " pungkasnya.

 

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG