Klaster Mandiri Universitas Negeri Gorontalo

Oleh: Chalid Luneto . 9 Januari 2024 . 09:54:56

 

 

Klasterisasi perguruan tinggi sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan mengsinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kemendikbud Ristek baru saja mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi 2024 melalui laman BIMA. Berdasarkan Pengumuman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1639/E5/AL.04/2023 pada 30 Desember 2023. 

Universitas Negeri Gorontalo termasuk dalam 47 Perguruan Tinggi di Indonesia yang meraih predikat Klaster Mandiri sebagai klaster tertinggi berdasarkan pada hasil olahan data kinerja kampus berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 - 2022. Variabel penilaian dalam Formula Klasterisasi berupa kelembagaan, Kekayaan Intelektual (KI), penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, dan sumber daya manusia.

Hasil klasterisasi ini nantinya bisa digunakan sebagai acuan bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan di ranah pendidikan tinggi. Begitu juga bagi perguruan tinggi yang bersangkutan untuk lebih produktif melaksanakan aktivitas tri dharma.

Dengan predikat ini, PT diberi kewenangan untuk melakukan proses pembinaan, review, dan sebagainya untuk penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen. Hal tersebut berbeda dengan PT dengan klaster-klaster di bawah Mandiri seperti Utama, Madya, dan Pratama, proses review dilakukan oleh pihak eksternal. 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting