KKNT UNG di Desa Mootinelo Edukasi Sanitasi dan Hygiene Penanganan dan Pengolahan Produk Hasil Perikanan

Oleh: Chalid Luneto . 23 Agustus 2023 . 10:26:25

 

 

Sanitasi salah satu upaya mencegah penyakit dengan cara menghilangkan faktor-faktor lingkungan yang berkaitan dengan rantai perpindahan penyakit. Sedangkan higiene adalah usaha untuk mengendalikan penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan. Pada Industri/UMKM pengolahan pangan, sanitasi dan higiene meliputi kegiatan-kegiatan yang bersifat aseptis, seperti sanitasi dan higiene bahan baku, pekerja, sarana-prasarana, produk akhir, kontaminasi silang, hingga penanganan limbah yang dihasilkan. Hal ini tentu saja harus diperhatikan oleh UMKM agar mampu menghasilkan produk-produk pangan yang berorientasi pada pelanggan tetapi tetap memperhatikan keamanan produk yang dihasilkan.

Berdasarkan hal ini Mahasiswa KKN Tematik UNG mengedukasi petani di Desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara terkait pentingnya sanitasi dan higiene dalam pengelolaan tambak udang Vaname. Udang jenis ini banyak dibudidayakan oleh masyarakan Desa Mootinelo dan keberadaannya melimpah.

Kegiatan ini diadakan di Posko Desa Mootinelo (7/8) dengan menghadirkan Dr. Asri Silvana Naiu, S.Pi, M.Si sebagai pemateri. Menurut Asri sanitasi dan higiene sangat penting dalam penanganan udang vaname,"Sumber penyakit itu tidak hanya berasal dari olahan produksi, melainkan dari tahap awal penanganan udang vaname itu sendiri," kata Asri.

Kasus keracunan akibat mengkonsumsi makanan yang keamanannya tidak terjamin dapat diantisipasi dengan upaya pencegahan terjadinya kontaminasi, baik kontaminasi yang berasal dari mikroorganisme, kimia maupun faktor fisik. Pencegahan terhadap kontaminasi ini dapat dilakukan dengan penerapan sanitasi dan higiene yang baik terhadap semua tahap proses pengolahan hasil perikanan.

Selain memberikan informasi kepada petani udang dan UMKM, pada kegiatan edukasi ini turut memberikan pelatihan dalam menerapkan cara produksi makanan yang baik dan pendampingan proses produksi hingga pengemasan produk sesuai standar mutu keamanan. Diharapkan kedepannya masyarakat Desa Mootinelo dan sekitarnya dapat meningkatkan peluang pasar untuk produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Muh. Azrul Syamsah H. Sunani sebagai mahasiswa Koordinator Desa menyampaikan selain program kerja edukasi yang sudah dilaksanakan, mereka memiliki kegiatan lainnya di desa, "Kami punya poker perayaan 1 Muharam, lomba kemerdekaan, kebersihan desa, kegiatan keolahragaan dan pembuatan atribut desa" jelas Azrul, mahasiswa jurusan Budidaya Perairan.

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG