Ketua LPPM Terima Kunjungan dari Tim SKALA-DFAT Australia

Oleh: Chalid Luneto . 21 September 2023 . 08:17:30

 

 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko, MP menyambut kedatangan dari tim Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) Kemitraan Australia - Indonesia pada Rabu, 20 September 2023 di Gedung Rektorat UNG. 

Ketua LPPM didampingi oleh Kepala Pusat SDGs Dr. Raghel Yunginger, M.Si dan beberapa staf dosen/peneliti membahas pentingnya pengetahuan, data dan analisis dalam perencanaan pembangunan serta keberadaan Teluk Tomini sebagai area yang terintegrasi antar provinsi.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Program SKALA resmi dimulai melalui penandatangan Perjanjian Hibah (Subsidiary Arrangement) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia pada tanggal 30 Maret 2023, sejumlah langkah persiapan pelaksanaan program telah dilakukan, diantara penetapan 8 provinsi yang menjadi lokasi pelaksanaan program, salah satunya Provinsi Gorontalo.

Pemilihan Provinsi Gorontalo sebagai lokasi didasarkan dengan berbagai macam  pertimbangan. Diketahui bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Gorontalo termasuk rendah, bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan, memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Begitupun dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang semestinya standar pelayanannya harus sama kepada setiap individu masyarakat.

SKALA akan fokus pada percepatan peningkatan penyediaan layanan di daerah tertinggal di tingkat subnasional dan lokal, dengan fokus pada memastikan akses yang lebih baik bagi kelompok rentan di Indonesia, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas. "Apabila penyedia layanan dasar sudah menyentuh hingga ke penyandang disabilitas, artinya sudah dapat dikatakan sukses, karena merekalah yang sulit untuk dijangkau. Kita berharap minggu depan SKALA launching di Gorontalo" kata tim SKALA. Persiapan launching Program SKALA di Provinsi Gorontalo direncanakan pada tanggal 5 Oktober 2023.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting