Kedaireka : Desa EduDigital-Pangan Lokal

Oleh: Cindra Zakaria . 1 Agustus 2023 . 11:10:46

 

 

Desa Edudigital-Pangan Lokal merupakan inovasi riset yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan BKKBN dalam rangka penanganan stunting. Kegiatan ini didanai oleh Matching Fund Kedaireka Kemdikbud mengambil Kabupaten Pohuwato sebagi lokasi penerapan inovasi Desa Edudigital-Pangan Lokal. Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo menjadi daerah lokus prevalensi stunting tertinggi mencapai angka 34,6%.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tahun 2022, kerang darah dan jagung pulut yang telah diolah menjadi panganan lokal seperti bakso, nugget dan susu fermentasi banyak mengandung protein dan mikronutrien penting berupa zink dan zat besi dan untuk memperbaiki pertumbuhan balita stunting. 

Untuk meningkatkan keterampilan serta literasi masyarakat terkait stunting dan penanganannya, Peneliti Kedaireka UNG melakukan pelatihan dan pemanfaatan Web EduDigital sebagai sarana informasi, edukasi dan pemasaran olahan produk jagung dan kerang darah. 

Jagung pulut yang juga dikenal sebagai jagung ketan tumbuh dengan baik di Provinsi Gorontalo dan sekitarnya. Kelezatan jagung pulut ini dengan kulit bijinya yang halus dan tekstur dagingnya yang lembut. Jagung pulut ini mengandung 100% amilopektin, komponen pati yang sedikit larut dalam air. Dalam 100 gram jagung pulut mengandung 142 kalori dengan 29 gram karbohidrat, 1 gram lemak, dan 3 gram protein. Dengan kandungannya itu, terdapat beberapa alasan utama jagung pulut umum digunakan para atlet untuk mendukung performanya.

Begitupun dengan kerang darah yang hasil proksimat kerang segar mengandung protein 19,48 %, lemak 2,50 %, air 74,37 % dan abu 2,24 %. Untuk kerang darah rebus diperoleh nilai proksimat protein 23,23 %, lemak 7,01 %, air 65,69 % dan abu 2,57 %.

Produk olahan jagung pulut dan kerang darah memiliki nilai ekonomi, sehingga Tim Kedaireka juga melakukan pendampingan pengolahan pangan lokal. Ada 9 desa sasaran di Kabupaten Pohuwato yaitu Desa Bumi Bahari, Hutamoputi, Huyula, Kalimas, Karya Indah, Persatuan, Sari Murni, Telaga, dan Omayuwa. Web Edudigital dapat dilihat di https://desaedudigitalpanganlokal.com/

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG