Kapus KKN Minta Mahasiswa Berperan Aktif di Lokasi KKN

Oleh: Chalid Luneto . 19 Maret 2024 . 13:54:42

 

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo menggelar kegiatan pembekalan lanjutan kepada mahasiswa peserta KKN Semester Genap tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Maret 2024 di Gedung Rektorat UNG. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa peserta yang terdiri dari KKN Tematik, MBKM dan Program Lingkar Tambang Pohuwato sejumlah 168 orang mahasiswa.

Dalam penyampaiannya, Kepala Pusat KKN Dr. Rosbin Pakaya, M.Pd mengatakan harapannya agar mahasiswa dapat berperan aktif selama berada di lokasi pengabdian KKN masing-masing "LPPM mengarapkan semua mahasiswa yang mengikuti KKN untuk aktif membantu pemerintah yang ada di desa, ikut menyelesaikan masalah yang terjadi disana dan berpartisipasi dalam mencari solusinya menurut bidang ilmu masing-masing" terang Rosbin.

"Misalnya Ilmu Hukum dapat melihat permasalahan tambang dalam sisi hukum kemasyarakatan, Ilmu Geologi bisa melihat dalam permasalahan kebumian dan alam, Ilmu Sosiologi pada dampak cemaran tambang di masyarakat, begitupun dengan jurusan/prodi lainnya. Silakan kalian eksplore dan terapkan ilmu yang ada pada mata kuliah untuk menjadi dasar pembuatan program kerja selama pengabdian Anda di desa"

Lebih lanjut Rosbin menjelaskan tentang apa saja kebutuhan lapangan yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum maupun saat di lokasi dan setelah kembali ke Kampus. "Harap membawa kebutuhan dan peralatan kesehatan jika ada yang sakit, jaga kesehatan Anda saat di lokasi, dan mohon untuk menjaga nama baik Kampus UNG"

Mahasiswa akan turun lokasi KKN mulai tanggal 21 - 25 Maret 2024 yang terdiri dari KKN Tematik, MBKM dan Program Lingkar Tambang Pohuwato. Sedangkan untuk Program MBKM Destana sejumlah 40 orang mahasiswa telah turun lokasi sejak 7 Maret 2024 kemarin.

 

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting