Guru Besar UNG Lahirkan Penelitian Produk Emping Jagung

Oleh: Chalid Luneto . 31 Agustus 2024 . 09:56:16

Prof. Dr. Ani Mustafa Hasan, M.Pd saat konferensi pers Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo pada Jumat (30/8/2024) siang. (Foto : https://tribungorontalo.com/Herjianto)

Gorontalo – Guru Besar di Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd memanfaatkan potensi hasil pertanian jagung. Penelitiannya itu mendapat respon positif dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) hingga akhirnya menggelontorkan anggaran Rp1,5 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk penelitian pusat unggulan strategi nasional (PUSN) selama tiga tahun berturut-turut. Penelitian dimulai sejak tahun 2017 hingga 2019. Masing-masing pencarian Rp 500 juta per tahun.

Jagung yang awalnya hanya dijual mentah dengan harga 4.000 rupiah per kilogram, oleh Prof Ani diubah menjadi emping dengan harga jual yang tinggi.

Hal itu juga atas bantuan bantuan dana dari Kementerian Riset dan Teknologi, dan didukung oleh dua kabupaten di provinsi Gorontalo.

Prof Ani yang juga ketua FKPT Gorontalo itu, mengatakan nilai yang setelah diolah menjadi emping bisa mencapai 14 kali lipat dari harga jagung mentah.

Ani menyebut penemuannya berpotensi menggerakkan ekonomi masyarakat lokal. Inovasinya dalam mengelola jagung dinilai dapat membantu para pelaku usaha UMKM, termasuk petani jagung. "Karena sebagian besar petani kita hanya bisa memanfaatkan apa yang sudah ada, tidak mau menggali," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa saat ini olahan emping jagungnya yang diberi merek ‘Emping Jagung Bintheu itu sudah pernah dibawa ke luar negeri.

Pihaknya juga kata Prof Ani, sementara mempersiapkan Emping Jagung Bintheu bisa diekspor ke Jepang.

“ Produk saya ini sudah pernah dibawa ke luar negeri. Dibawa ke Jepang, ke Mekah. Dan saat ini kami sementara berusaha untuk bisa ekspor ke Jepang,” imbuhnya.

Repost Sumber Berita : 

- https://gorontalo.tribunnews.com/2024/08/30/berdayakan-umkm-dan-petani-jagung-guru-besar-ung-lahirkan-penelitian-produk-emping-jagung

- https://faktanews.com/2024/08/31/guru-besar-mipa-ung-berhasil-ubah-jagung-menjadi-emping-yang-bernilai-jual-tinggi/

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG