Festival Forum KTI IX Tahun 2023, Kemajuan dan Inovasi Pembangunan Berkelanjutan

Oleh: Cindra Zakaria . 27 Juli 2023 . 16:48:07

 

 

Festival forum kawasan timur Indonesia (KTI) kembali digelar di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dibentuk sejak 2004 Festival Forum Kawasan Timur Indonesia hadir untuk merayakan kemajuan dan inovasi pembangunan di daerah-daerah yang berada di kawasan timur Indonesia. 

Festival Forum KTI ke-IX Tahun 2023 yang berlangsung tanggal 26-27 Juli 2023 di Hotel Harper, Kupang memungkinkan peserta berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat lokal untuk memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.

Ketua Pokja Forum KTI, Prof. Dr.Ir.Hj Winarni Monoarfa, Ms dalam sambutannya mengatakan bahwa orang di kawasan KTI mampu melahirkan praktik-praktik cerdas, yang mendorong percepatan pembangunan. "Praktik-praktir cerdas KTI ini, untuk Indonesia. Mematahkan stigma jika orang timur itu tertinggal. Kami berharap praktik-praktik cerdas yang sudah ditampilkan selama ini diberbagai sektor pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi lokal, lingkungan, kesetaraan gender dan inklusi sosial serta sektor lainnya dapat terus direplikasi dan diadopsi" kata Winarni.

“Selama dua hari festival, akan tampil berbagai model kolaborasi sebagai upaya kolektif yang memfasilitasi penciptaan bersama solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembangunan secara efektif, yang berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya. Dikatakan Prof Winarni, ada empat acara utama yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian yakni panggung inspirasi, galeri informasi dan pameran foto, side events, dan malam budaya.

Universitas Negeri Gorontalo turut menghadiri serangkaian kegiatan ini, diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof. Novri Youla Kandowangko, MP dan Kepala Pusat Studi Sustainable Development Goals (SDGs) Dr. Raghel Yunginger, S.Pd., M.Si.

 

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG