Dorong Peluang Pendanaan, LPPM Gelar Pembekalan Penyusunan Proposal Dana Padanan dan Riset Invitasi

Oleh: Chalid Luneto . 20 Oktober 2023 . 15:18:40

 

 

Bertempat di Ruang Rapat Gedung LPPM, digelar kegiatan pembekalan penyusunan proposal Program Matching Fund Kedaireka dan Program Pendanaan Rispro Invitasi LPDP Tahun 2023 pada Jumat (20/10).

Acara dibuka langsung oleh Ketua LPPM Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko, MP. Dalam kesempatannya Ketua menyampaikan harapan dan memberikan semangat kepada dosen agar tidak menyerah berusaha membuat dan mengusulkan proposal yang baik dan berkualitas "Jangan patah semangat buat para dosen baru, sebab kita pernah mendapatkan pendanaan Kedaireka bagi dosen jabatan akademik asisten ahli" Kata Novri "Kesempatan terbuka seluas-luasnya bagi Anda untuk menyalurkan ide dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Mitra tersebut maupun Anda sebagai ketua harus membuat akun di Kedaireka.id"

"Begitupun untuk RISPRO Invitasi pembiayaan dari LPDP, disampaikan bahwa UNG termasuk dalam Perguruan Tinggi terpilih untuk mengikuti program ini. Ada 5 tema utama yang dapat dipilih diantaranya pangan, pertanian dan rekayasa varietas unggul; farmasi dan alat kesehatan; energi baru terbarukan; pengolahan air dan sampah; serta pendidikan, seni, kebuudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami berharap periode ini UNG bisa mengirim proposal yang lebih banyak dan mendapatkan pendanaan yang lebih baik" Jelas Novri. 

 

Hadir dalam acara pembukaan, Wakil Rektor II UNG Prof. Dr. Yuniarti Koniyo, MP mewakili Rektor UNG memberikan informasi bahwa beliau mengikuti Softlaunch Dana Padanan tanggal 2 Oktober 2023 di Jakarta. "Kebetulan saya hadir pada acara Soflaunching Program Dana Padanan. Saya garis bawahi pernyataan Prof. Nizam pada kegiatan tersebut, beliau mengatakan bahwa tidak ada inovasi tanpa kolaborasi. Pernikahan antara Perguruan Tinggi dan Mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) disupport oleh Kemdikbudristek, untuk itu Program Dana Padanan ini digagas. Dulu inovasi hanya berakhir di kegiatan pameran atau publikasi, keseriusan pemerintah dalam memotivasi PT untuk menjawab permasalahan mitra dengan menerapkan hasil-hasil inovasinya harus kita ambil sebagai peluang UNG dalam meraih pendanaan yang lebih banyak. Kesempatan Anda terbuka lebar" kata Yuniarti.

LPPM menghadirkan Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si dan Dr. Ir. Syamsul Bahri, MP sebagai pemateri pada kegiatan ini. Diketahui bahwa keduanya telah berhasil mendapatkan pendanaan Kedaireka pada tahun 2022 dan 2023. Pemateri menjelaskan tentang tips dan trik untuk membuat proposal, bagaimana memilih anggota tim sesuai keahliannya, menyiapkan mitra, mengetahui penerima manfaat dengan baik, hingga bagaimana caranya mengikuti wawancara dan lolos pitching hingga pemberian semangat optimis proposal bisa disetujui.

Pembekalan ini dibagi dalam 2 sesi pertemuan, sesi pertama dikhususkan untuk dosen baru yang belum pernah mengusulkan dan sesi kedua dihadiri oleh dosen senior yang pernah mengusulkan tapi belum mendapatkan pendanaan. Semua peserta antusias dan bersemangat melakukan diskusi terbuka dan menyampaikan kelemahan dan kendala yang mereka hadapi dalam menyusun proposal. Pengusulan Proposal Dana Padanan akan berakhir tanggal 31 Oktober 2023, masih ada sisa waktu untuk memperbaiki dan mempersiapkan kolaborasi bersama mitra.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG