Bunuh Diri Bukan Solusi, Mahasiswa KKN Desa Hutamonu Beri Penyuluhan Kesehatan Mental Siswa SMP N 4 Botumoito

Oleh: Cindra Zakaria . 9 Agustus 2023 . 11:11:27

 

 

Bertempat di Aula SMP Negeri 4 Botumoito Kabupaten Boalemo, mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo menggagas kegiatan sosialisasi kesehatan mental "Mental Health Awareness". Kegiatan ini sebagai wujud salah satu program kerja pengabdian mahasiswa di lokasi KKN dan dilaksanakan pada (26/7) kemarin.

Menurut Koordinator Desa Hutamonu, Anwar Ibrahim, selang tahun 2023, Provinsi Gorontalo mengalami fenomena gangguan kesehatan mental dan mengalami kejadian viral di masyarakat. Dalam upaya pencegahan kepada kaum muda anak-anak generasi bangsa maka mahasiswa merasa perlu diadakan kegiatan ini. "Kami mengundang Duta GenRe Provinsi Gorontalo Tahun 2022 Wimprid I. Bempa, diharapkan Wimprid dapat membagikan pengalamannya yang seru saat mengikuti berbagai kegiatan sebagai duta GenRe maupun saat menjadi Putra Kesmas Tahun 2021, dan ada juga rekan mahasiswa KKN Astri Hidayatullah A. Azis dari Jurusan Keperawatan" kata Anwar.

Mahasiswa jurusan Farmasi ini mengatakan bahwa ada banyak pilihan hidup yang indah dan dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda. Saat menyampaikan materinya Wimprid menjelaskan betapa pentingnya memiliki pola pikir yang positif dan menjalani gaya hidup sehat secara fisik dan emosional. Olahraga, meditasi dan kegiatan positif lainnya dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan energi yang baik untuk kesehatan mental. 

"Siswa dan Guru antusias saat mendengarkan materi, banyak juga pertanyaan dari mereka. Selain program kerja mental awareness, kami juga melakukan kegiatan kesehatan lainnya seperti penyuluhan PHBS di SDN 2 Botumoito. Kegiatan ini sudah terlaksana hari Rabu, 2 Agustus 2023 kemarin," tutupnya.

 

 

Agenda

6 - 7 Mei 2024

Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional Menuju Internasional

Bertempat di Gedung LPMPP

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG