Diseminasi, Sinergi, dan Hilirisasi Menjadi Kunci Keberhasilan Riset

Oleh: Chalid Luneto . 10 Agustus 2020 . 12:31:51

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro dalam orasi ilmiah wisuda online salah satu Universitas menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas riset dan publikasinya. Hasil riset perlu didiseminasikan oleh para Peneliti melalui kegiatan ilmiah agar diketahui manfaatnya oleh masyarakat juga sebagai peran serta dalam meningkatkan daya saing bangsa. “Perguruan Tinggi diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas riset dan kualitas publikasi yang dihasilkan, dan harus benar-benar inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Para penelitinya wajib mendiseminasikan hasil risetnya melalui berbagai kegiatan ilmiah dan publikasi baik di dalam dan di luar negeri, hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk mendiseminasi hasil riset agar diketahui manfaatnya oleh masyarakat luas sekaligus turut menyumbang peningkatan daya saing bangsa,” jelas Menristek/Kepala BRIN.

Menristek/Kepala BRIN menambahkan bahwa riset harus dilaksanakan secara sinergi serta fokus pada kebutuhan dan untuk kepentingan masyarakat, industri, bangsa dan negara. “Riset yang dilakukan harus fokus pada kebutuhan dan dilaksanakan secara sinergi dan kerja sama. Riset tidak dilakukan sendiri-sendiri untuk kepentingan sendiri melainkan untuk kepentingan masyarakat, industri, serta bangsa dan negara,” ujar Menteri Bambang. Selain pentingnya sinergi dalam pelaksanaan riset, Menteri Bambang juga menyampaikan pentingnya hilirisasi. Hilirisasi hasil penelitian diharapkan dapat menghentikan ketergantungan pada impor sekaligus mewujudkan kemandirian bangsa.

“Hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan diharapkan dapat menjawab kebutuhan dalam negeri sehingga bisa menghentikan impor yang menyebabkan ketergantungan dan membebani neraca perdagangan sekaligus mewujudkan kemandirian bangsa,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.

 

Sumber : Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kemenristek/BRIN

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting