3.225 Mahasiswa Mengikuti Pembekalan KKN Secara Daring

Oleh: Cindra Zakaria . 7 September 2021 . 16:21:23

LPPM UNG memberikan pembekalan kepada mahasiswa peserta KKN Periode II Tahun 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan facebook. KKN Tematik kali ini memprogramkan KKN tematik Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Gorontalo Utara, KKN Tematik Desa Membangun yang merupakan sinergi dengan Kementerian Desa-PDTT RI, dan KKN Kampus Merdeka.

Rosbin Pakaya selaku Kepala Pusat KKN mengatakan bahwa sebaran lokasi KKN mencakup 201 desa yang meliputi 23 kecamatan 4 kabupaten yang ada pada 2 provinsi, yaitu Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah. "Untuk Provinsi Gorontalo ada 177 desa yang menjadi lokasi KKN sedangkan Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya kecamatan Pagimana ada 24 desa. Total 3.225 Mahasiswa yang siap turun KKN tahun 2021, masing-masing desa diisi oleh 15 orang mahasiswa, kecuali di Kecamatan Pagimana diisi oleh 10 mahasiswa saja." pungkasnya.

Dikesempatan itu pula, Ishak Isa selaku Ketua LPPM UNG menyampaikan bahwa kali ini mahasiswa sendiri yang memilih lokasi desa yang mereka inginkan, "Kami sudah menyiapkan desa sesuai dengan jumlah kebutuhan mahasiswa yang mendaftar. Sistem sudah disiapkan sedemikian rupa untuk mewadahi proses pemilihan desa oleh mahasiswa secara mandiri sehingga waktu distribusi lokasi semakin efektif."  

Dalam pembekalan ini mahasiswa kembali diingatkan untuk tidak banyak melakukan mobilisasi "on off" agar dapat menghindari penyebaran covid-19. Kalaupun terpaksa harus keluar lokasi KKN agar mendapatkan izin dari DPL dan dengan sepengetahuan Kepala Desa. Mahasiswa menempati lokasi KKN selama 60 hari atau 2 bulan.

Menteri Desa-PDTT RI, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd ikut menjadi narasumber dalam pembekalan tersebut, Gus Halim banyak memotivasi mahasiswa untuk menjalankan perannya sebagai inovator di tengah masyarakat desa. 

Agenda

11 - 15 Oktober 2021

Monev Pengabdian KKN Periode II Tahun 2021

September - November

9 September 2021

Monitoring dan Evaluasi Penelitian PNBP LPPM UNG

Monev capaian kemajuan penelitian dan luaran
Lokasi : Gedung LPPM UNG jam 08.00 WITA - selesai

7 September 2021

Pembekalan Daring Mahasiswa KKN Periode Agustus - Oktober 2021

Via zoom meeting dan facebook UNG TV
Jam 07.00 sampai selesai

5 April 2021

Pelepasan Mahasiswa KKN Desa Membangun Tahap 1

Halaman LPPM UNG Pukul 08.00 WITA s/d selesai
Pakaian jas almamater