Pusat Studi

 


11 (sebelas) Pusat Studi/Kajian/Pengembangan Pada LPPM UNG

Pusat di LPPM UNG bertugas untuk mengkoordinasikan dan mengembangkan riset unggulan lintas disiplin ilmu, serta menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, instansi lain dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu, setiap pusat mengembangkan tema unggulan dan roadmap penelitian berbasis pengelolaan dan koordinasi lintas Laboratorium, disiplin ilmu dan pusat-pusat kajian yang monodisplin di tiap fakultas.

Garis besar tugas dan fungsi pusat (studi/pengembangan/pengembangan/ pengelolaan) di LPPM UNG, sebagai berikut:


(1) Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan;

Kepala Pusat : Dr. Fitryane Lihawa, M.Si

Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) adalah salah satu pusat studi yang ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Sebagai pusat studi, telah banyak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan upaya mengkaji dan mengkritisi permasalahan pembangunan lingkungan hidup dan kependudukan yang ada di Gorontalo. Aktivitas tersebut diimplementasikan dalam bentuk penelitian, melaksanakan peningkatan analisis lingkungan baik berupa pelatihan, lokakarya, dan seminar, serta melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat, perbaikan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pengembangan PSL-K sebagai pusat studi lingkungan kependudukan ke depan sangat berkaitan dengan komitmen, partisipasi, dan pola kemitraan yang dibangun antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat. Kami berharap partisipasi berbagai pihak dapat diwujudkan bersama guna membangun sistem pengelolaan lingkungan yang baik sehingga dapat diwujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dalam kerangka pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Pusat ini mengembangkan studi tentang lingkungan dan kependudukan secara multi-disipilin dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.


(2) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat;

Ketua Pusat Studi : Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si

Pusat ini mengembangkan dan menerapkan strategi pemberdayaan masyarakat, menjalin kerjasama untuk inkubasi bisnis, mengarahkan kualitas pelaksanaan KKS secara multi-disipilin dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.

 


(3) Pusat Budaya dan Potensi Regional Daerah

 

Kepala Pusat Studi : Dr. Beby Sintia Dewi Banteng, ST, M.SiP

Pusat ini mengembangkan studi potensi daerah, budaya dan inovasi secara multi-didiplin; dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.

Berbagai jenis dan ragam teknologi tepat guna sudah dikembangkan oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah, swasta dan akademisi dalam lingkup penelitan dan perekayasaan maupun dari dunia usaha. Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan TTG yang dilakukan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia TTG pun dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis teknologi, seperti: alat TTG pengolahan pangan, alat TTG pemanfaatan energi, alat TTG penyediaan infrastruktur, alat TTG pengelolaan lingkungan dan alat TTG pemampuan ekonomi. Tentunya alat-alat TTG tersebut dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan, potensi sumber daya alam dan kemampuan masyarakat penggunanya sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal.

Didasari pemikiran tersebut di atas, maka program pusat studi pengembangan potensi daerah, budaya dan inovasi dirancang sebagai (1) upaya-upaya peningkatan pemanfaatan teknologi tepat guna dalam mendukung penguatan sistem inovasi di daerah; (2) mengevaluasi pelaksanaan hasil penelitian dan kajian yang telah dilakukan para dosen pada tahun sebelumnya; dan (3) merumuskan strategi peningkatan upaya-upaya pemanfaatan TTG untuk mendukung sistem inovasi di daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan dan program pusat studi pengembangan potensi daerah, budaya dan inovasi merupakan kegiatan kerjasama antara Pusat yang ada di lingkungan LPPM UNG, fakultas se – Universitas Negreri Gorontalo, LIPI, Kemenristekdikti, Pemerintahan kabupaten / Kota dan Pemerintah Provinsi Gorontalo.


(4) Pusat Studi Kebijakan dan Anti Korupsi;

Kepala Pusat Studi : Funco Tanipu, ST, M.Si

Pusat ini mengembangkan studi kebijakan dan anti korupsi, terutama terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan, penegakan hokum dan HAM; melalui sinergitas dan kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.

 


(5) Pusat Kajian Pendidikan, Perempuan dan Perlindungan Anak

Kepala Pusat Studi : Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd

Pusat ini mengembangkan kajian tentang pendidikan, perempuan dan perlindungan anak, sebagai bagian penting dari proses pemberdayaan dan pengembangan kebudayaan lintas disiplin ilmu; serta menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.

Pusat kajian Pendidikan, Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan bagian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas mengkoordinasikan dan mengembangkan riset unggulan lintas disiplin ilmu, serta menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, instansi lain dalam negeri maupun luar negeri. Juga mengembangkan tema unggulan dan roadmap penelitian berbasis pengelolaan dan koordinasi lintas laboratorium, disiplin ilmu dan pusat-pusat kajian yang monodisiplin di tiap fakultas di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo.


(6) Pusat Pengelolaan Publikasi Ilmiah dan Kekayaan Intelektual

Kepala Pusat Studi : Dr. Syarifuddin Ahmad, M.Pd

Pusat ini mengembangkan sistem pengelolaan publikasi ilmiah dan kekayaan intelektual UNG, melalui proses pendampingan akademik maupun administrative, serta menjamin kualitas penerbiatan jurnal ilmiah di lingkungan UNG, agar dapat terjadi akselerasi akreditasi.

 

 


(7) Pusat Studi Kemaritiman;

 

Kepala Pusat Studi : Dr. Ade Muharam, S.Pi, M.Si

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Kawasan Timur Indonesia dengan visi pengembangan yang akan dicapai pada tahun 2035, yaitu “Leading University dalam Pengembangan Budaya dan Inovasi Berbasis Potensi Regional” dan juga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNG yang mengukuhkan visi UNG tersebut ke dalam visi LPPM, “Menjadi Lembaga Yang Berdaya Saing Dan Bermartabat Dalam Mengembangkan IPTEKS, Pendidikan, Sosial dan Budaya Untuk Kesejahteraan Masyarakat” Bermaksud untuk ikut serta dan bertekad dalam mendukung Pembangunan Nasional, terutama Pembangunan Bidang Kemaritiman dan semaksimal mungkin yang secara kelembagaan implementasinya diaktualisasikan melalui Pusat Studi Kemaritiman. Pusat Studi ini akan berupaya menjawab tantangan tersebut dengan berupaya untuk mewujudkan visi:

“Menjadi Pusat Studi Terkemuka Yang Inovatif Untuk Menuju Pembangunan Maritim di Kawasan Timur Indonesia”

Menggapai visi ini tentunya tidak semudah membalikan tangan, oleh karena itu perlu kerja keras seluruh civitas akademika UNG terutama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNG untuk mewujudkan visi tersebut dan melaksanakan misi Pusat Studi, yaitu:

- Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas pada bidang maritim baik kajian yang sifatnya teoritis maupun inovasi teknologi yang terkini dan terpercaya di Provinsi Gorontalo, Sulawesi khususnya dan Kawasan Timur Indonesia pada umumnya;

- Mengadakan penelitian di berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan kemaritiman untuk memberi kontribusi pemikiran kepada pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pusat;

- Melaksanakan penelitian untuk menemukan terobosan baru, teknologi baru dan tepat guna di bidang kemaritiman yang dapat diimpelemntasikan dan berdaya guna bagi pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya pesisir dan laut untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat ;

- Menjalin kerjasama dalam pengembangan penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi maritim dengan lembaga penelitian dan pendidikan tinggi lain, pemerintah, dunia usaha dan industri serta lembaga-lembaga lainnya baik dalam maupun luar negeri.

 


(8) Pusat Studi Kolaboratif dan Kerjasama Luar Negeri;

Kepala Pusat Studi : Dr. rer.nat Mohamad Jahja, M.Si

 

 

 


(9) Pusat Studi Energi dan Sumber Daya Alam;

Kepala Pusat Studi : Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, M.Si

 

 

 


(10) Pusat Studi Sentra KI;

Kepala Pusat Studi : Lanto Ningrayati Amali, S.Kom, M.Kom, P.hD

 

 

 


(11) Pusat Studi Kawasan Danau Limboto dan Mitigasi Bencana;

Kepala Pusat Studi : Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd

 

 

 

 

Agenda

9 - 11 April 2019

Pembekalan Teknis DPL dan mahasiswa

Waktu dan Tempat ditentukan oleh masing-masing DPL

8 April 2019

Undangan Pembekalan Mahasiswa KKS Pengabdian Periode I

Waktu : 13.00 WITA
Tempat : Lapangan Tenis Indoor UNG

- Mahasiswa hadir lebih awal 30menit
- Berpakaian atasan putih dan bawahan hitam
- Tidak memakai jeans

1 April 2019

Undangan Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKS Pengabdian Periode I

Waktu : 13.00 WITA
Tempat : Ruang Rapat LPPM UNG

22 Maret 2019

Undangan Seminar Pembahasan Urusan Proposal Program KKS Pengabdian Periode I

Seminar dilaksanakan di LPPM UNG, Jumat 22 Maret 2019 jam 09.00 WITA

1. Ketua Pengusul yang tidak ikut presentasi dianggap mengundurkan diri
2. Peserta menyiapkan bahan presentasi dalam bentuk powerpoint