Pusat Studi

 Pusat Studi/Kajian/Pengembangan Pada LPPM UNG

Pusat di LPPM UNG bertugas untuk mengkoordinasikan dan mengembangkan riset unggulan lintas disiplin ilmu, serta menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, instansi lain dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu, setiap pusat mengembangkan tema unggulan dan roadmap penelitian berbasis pengelolaan dan koordinasi lintas Laboratorium, disiplin ilmu dan pusat-pusat kajian yang monodisplin di tiap fakultas.

Garis besar tugas dan fungsi pusat (studi/pengembangan/pengembangan/ pengelolaan) di LPPM UNG, sebagai berikut:


 

 (1) Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan

Kepala Pusat : Dr. Fitryane Lihawa, M.Si

Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) adalah salah satu pusat studi yang ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Sebagai pusat studi, telah banyak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan upaya mengkaji dan mengkritisi permasalahan pembangunan lingkungan hidup dan kependudukan yang ada di Gorontalo. Aktivitas tersebut diimplementasikan dalam bentuk penelitian, melaksanakan peningkatan analisis lingkungan baik berupa pelatihan, lokakarya, dan seminar, serta melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat, perbaikan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pengembangan PSL-K sebagai pusat studi lingkungan kependudukan ke depan sangat berkaitan dengan komitmen, partisipasi, dan pola kemitraan yang dibangun antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat. Kami berharap partisipasi berbagai pihak dapat diwujudkan bersama guna membangun sistem pengelolaan lingkungan yang baik sehingga dapat diwujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dalam kerangka pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Pusat ini mengembangkan studi tentang lingkungan dan kependudukan secara multi-disipilin dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.


 

(2) Pusat Studi Kuliah Kerja Nyata

Ketua Pusat Studi : Rosbin Pakaya, S.Pd, M.Pd

Pusat ini mengembangkan dan menerapkan strategi pemberdayaan masyarakat, menjalin kerjasama untuk inkubasi bisnis, mengarahkan kualitas pelaksanaan KKN secara multi-disipilin dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.


 

(3) Pusat Studi Kemaritiman dan Potensi Wilayah Teluk Tomini

 

Kepala Pusat Studi : Dr. Femy Sahami, M.Si

Pusat ini mengembangkan studi penyelenggaraan penelitian dan pengabdian yang berkualitas pada bidang kemaritiman, wilayah potensi teluk tomini baik yang kajian yang sifatnya teoritis maupun inovasi teknologi yang terkini dan unggul di kawasan Timur Indonesia pada umumnya lebih khusus wilayah teluk tomini. Pusat Studi ini juga menyelenggarakan penelitian di berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan kemaritiman untuk memberi kontribusi pemikiran kepada pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pusat. Potensi Wilayah didalam mengembangkan studi potensi daerah wilayah pesisir teluk tomini, kemaritiman, budaya dan inovasi secara multi-didiplin; dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat, baik penelitian, pengabdian untuk pengembangan kelompok riset.


 

 (4) Pusat Studi Riset, Publikasi Ilmiah dan Sentra HKI

 

Kepala Pusat Studi : Novriyanto Napu, S.Pd., M.App.Ling. Ph.D

Pusat ini mengembangkan sistem pengelolaan publikasi ilmiah dan kekayaan intelektual UNG, melalui proses pendampingan akademik maupun administrative, serta menjamin kualitas penerbiatan jurnal ilmiah di lingkungan UNG menuju percepatan akreditasi.


 

(5) Pusat Studi Perempuan dan Perlindungan Anak

 

Kepala Pusat Studi : Lia Amalia, SKM, M.Kes

Pusat ini mengembangkan kajian tentang perempuan dan perlindungan anak, sebagai bagian penting dari proses pemberdayaan dan pengembangan kebudayaan lintas disiplin ilmu; serta menjalin kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat.

Pusat Studi Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan bagian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas mengkoordinasikan dan mempromosikan kesetaraan gender melalui kegiatan akademik, mengadakan pelatihan dan seminar tentang kesadaran gender, penelitian tentang isu-isu gender, dan publikasi serta membangun jaringan dengan pemerintah, organisasi masyarakat, dan lembaga lain yang memiliki misi menegakkan kesetaraan gender dan keadilan sosial.


 

(6) Pusat Studi Energi dan Sumber Daya Mineral

Kepala Pusat Studi : Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, M.Si

Pusat Studi ini melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan: Intensifikasi energi, diversifikasi energi dan sumber daya mineral. Merumuskan dan menetapkan pelaksanaan kebijakan di bidang energi, dan sumber daya mineral. Pusat ini juga melakukan penelitian dan pelayanan serta menjalin kerjasama yang kontinu dengan pemerintah daerah dan pusat dalam pemanfaatan dan pengendalian energi di Provinsi Gorontalo.


 

(7) Center of Suistainable Development Goals Studies (SDGs Center)

 

Kepala Pusat Studi : Dr. Raghel Yunginger, M.Si

Pusat Studi ini berfokus pada studi kebijakan yang berorientasi pada tujuan global SDGS. Selain itu, SDGs Center juga ikut mendukung Pemerintah dalam mewujudkan pencapaian pembangunan berkelanjutan di Indonesia pada 2030 melalui program penelitian dan pengabdian.


 

(8) Pusat Studi Kebencanaan

 

Kepala Pusat Studi : Muhamad Kasim, ST, MT

Pusat Studi Kebencanaan dikembangkan untuk menyumbangkan pendapat, ide, gagasan terkait manajemen kebencanaan untuk mendukung berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tujuan pusat kebencanaan untuk meningkatkan efektivitas tanggap darurat saat bencana, mengembangkan strategi dan penanganan bencana berbasis kemasyarakatan.

Agenda

15 - 29 Oktober 2020

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian DRPM/BRIN T.A. 2021 (Batas 29 Oktober 2020)

Dosen/Peneliti/Pengabdi agar melakukan update profile peneliti di Simlitabmas. Tidak ada perpanjangan periode mengingat keterbatasan waktu.

22 - 28 September 2020

Monev Pengabdian KKN Periode September-Oktober Tahun 2020

Lokasi : Desa KKN Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo

03 September - 17 Oktober 2020

KKN Tematik Tanggap Covid 19 dan Merdeka Belajar

45 hari mengabdi di Desa

1 September 2020

Dies Natalis Universitas Negeri Gorontalo

57 Tahun UNG Unggul dan Berdaya Saing