UNG Laksanakan KKS Tematik Desa Tangguh Bencana

Oleh: Cindra Zakaria . 4 April 2018 . 10:16:00

 

Sebanyak 560 Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo akan siap terjun ke masyarakat, guna mewujudkan masyarakat tangguh bencana. Para mahasiswa tersebaik tersebut akan mengabdikan dirinya melalui program Kuliah Kerja Sibermas Tematik Desa Tangguh Bencana (KKS Tematik Destana), dengan terjun langsung di 60 Desa yang tersebar di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yagn membawahi program KKS UNG Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si, mengungkapkan, pelaksanaan program KKS Tematik Destana merupakan program pengabdian masyarakat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB Indonesia), yang dimotori langsung oleh BPBD Prov. Gorontalo dan BPBD Kab/Kota.

“Pelaksanaan KKS Tematik Destana akan dilaksanakan UNG dalam 3 tahapan, dan program ini nantinya akan bersentuhan langsung dengan masalah-masalah kebencanaan di Desa tujuan,” ungkap Raflin.

Menurut Raflin ada beberapa output utama yang ingin dicapai UNG dalam pelasanaan KKS Tematik Destana. Yakni tersosialisasinya pelaksanaan tangguh bencana dengan membangun karakter masyarakat, membentuk forum Desa tanguh bencana dan relawan tanggun bencana, kemudian melakukan pemetaan deerah rawan bencana di Gorontalo serta analisi bencana, serta bagaimana membangun karateristik dan kehidupan masyarakat ditengah daerah bencana.

Lebih lanjut dijelaskan Raflin, KKS Tematik Destana tidak akan fokus pada bagaimana menanggulangi bencana. Namun lebih kepada membina masyarakat dengan membangun karakter, jiwa dan raganya untuk tangguh dalam menghadapi bencana.

"Bencana alam merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri, namun yang perlu dilakukan adalah bagaimana mempersiapkan ketangguhan masyarakat meliputi karakter dan psikologi dalam menghadapai berncana, baik itu saat terjadi maupun setelah terjadi bencana,” terangnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, SH, M.Hum, mengharapkan para mahasiswa KKS Tematik Destana dapat menjalankan perannya sebagai agen masyarakat tangguh bencana. Selain itu juga dapat memberikan pemahaman akan menghadapi bencana melalui berbagai program kerja yang diusung. 

 

Sumber : UNG

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting