Penarikan Mahasiswa KKN UNG di Kecamatan Bolango Selatan

Oleh: Cindra Zakaria . 18 Agustus 2020 . 13:02:32

Selasa (18/8) Peserta KKN Universitas Negeri Gorontalo sudah memenuhi ruang Aula Kantor Desa Huntu Barat Kecamatan Bolango Selatan sejak pukul 10.00 WITA untuk mengikuti acara pelepasan sekaligus penarikan peserta KKN. Keseluruhan mahasiswa tetap sehat dan ceria hingga akhir pelaksanaan pengabdian mereka yang telah terjun langsung di tengah masyarakat selama 45 hari.

Acara dihadiri oleh Camat Bulango Selatan, Kepala Desa, BPD dan perangkat desa Huntu Barat serta pimpinan LPPM. Dalam sambutannya Camat Bulango Selatan H. Sukri Katili, S.IP, M.Si menyampaikan bahwa kedatangan mahasiswa di daerah dapat mengubah cara pandang ke arah yang lebih baik dan tentunya akan memberikan dampak positif kepada masyarakat. “Pemerintah Bone Bolango berharap peningkatan kerjasama dengan UNG untuk  penempatan mahasiswa KKN pengabdian di Bulango Selatan. Kami meminta pendampingan penguatan ketahanan pangan kepada masyarakat Bulango Selatan.” Kata Sukri. “Seperti mengajak masyarakat menaman cabe di kantong plastik misalnya 10 sak kantong plastik per rumah. Apabila bisa dapat 30 rumah, sudah dapat 300 pohon cabe. Sangat bagus dan membantu”  

Program-program KKN Tanggap Covid di Desa Huntu Barat meliputi Pembuatan peta desa, Pembuatan gajebo kesehatan, Penanaman tanaman holtikultura kangkung darat dan selada air, pembuatan spanduk dan poster mengajak peduli lingkungan, membuat wirausaha kue dan permen jelly bersama ibu-ibu PKK, pendistribusian masker, pembuatan tempat cuci tangan dengan pedal injak, kegiatan senam utk manula dan anak-anak, dan melakukan kegiatan kebersihan di desa. “Panen kangkung sangat bagus sekali, begitu dipanen masyarakat sekitar dan tukang sayur sudah antri ingin membeli. Hanya dalam tempo 3 bulan sudah bisa dipanen dan sudah nada hasilnya . Terutama di masa pandemi ini. Sangat bagus dan membantu” tutur Sukri.

Dalam acara tersebut, Ketua LPPM Ishak Isa menyatakan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Huntu Barat dan Bulango Selatan yang telah menyambut dan mendukung mahasiswa KKN pada masa pandemi. “Alhamdulillah program KKN Pengabdian berhasil di desa ini. Semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik di masyarakat. Mohon bisa dijaga keberlanjutan program agar dampaknya bisa lebih meluas. Sekarang ada dua gajebo, kedepan bisa ditingkatkan sehingga semua rumah dapat memiliki gajebo tanaman kesehatan” kata Ishak.

 

 

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting