Mendes-PDTT Bekali Mahasiswa KKN 2021

Oleh: Cindra Zakaria . 7 September 2021 . 11:28:43

Selasa, 7 September 2021 LPPM UNG melaksanakan pembekalan mahasiswa yang akan mengikuti program KKN Tematik Desa Membangun dan Desa Bersinar. Dalam pelaksanaannya tersebut Rektor Universitas Negeri Gorontalo dan Menteri Desa-PDTT didaulat menjadi narasumber memberikan bekal kepada mahasiswa untuk turun mengabdi di desa.

Dalam sambutannya Rektor UNG berharap bahwa pelaksanaan KKN tidak hanya menjadi acara seremonial setiap tahun, tapi mahasiswa benar-benar menjadi pembawa perubahan dalam kehidupan bermasyarakat berkelanjutan.

Selain Rektor UNG, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd selaku Menteri Desa-PDTT turun memberikan materi pembekalan. Gus Halim mengajak mahasiswa menjadi energi untuk membersamai perangkat desa untuk mencapai tujuan berkelanjutan. "Rumusan SDGs sangat luas mencakup 17 tujuan, SDGs desa berkontribusi dalam pencapaian tujuan nasional berkelanjutan. Diharapkan mahasiswa memastikan apakah SDGs desa searah dengan budaya lokal, jangan sampai tercerabut dari akar budaya. Apabila tidak, maka tolong diingatkan." harapnya. SDGs Desa tidak muluk dan bukan mimpi yang mustahil dicapai, tapi merupakan konsep pembangunan praktis yang mudah diaplikasikan. SDGs desa membantu penyusunan profil desa dan penyusunan prioritas kegiatan serta dapat memantau keberhasilan kegiatan dan tujuan membangun desa.

"Ukuran-ukuran capaian akan terlihat jelas ketika sudah merujuk pada SDGs Desa. Data dan fakta yang didapat akan dipakai untuk merumuskan kebijakan penanggulangan kemiskinan desa, peningkatan kualitas pendidikan di desa, pemanfaatan dana desa dalam menumbuhkan ekonomi desa dan seterusnya, akan semakin terukur." terang Gus Halim. "Mahasiswa KKN berperan menjadi inovator yang menyalurkan segenap keunggulan PT ke tengah-tengah warga masyarakat. Kegiatan KKN bukan kegiatan mekanistis belaka, tapi justru dalam lapangan mahasiswa akan menemui kondisi lokal desa yang mengharuskan adaptasi antara masyarakat dan PT." kata Gus Halim.

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting