Biskuit Li Uti telah terdaftar Hak Cipta

Oleh: Cindra Zakaria . 6 Oktober 2020 . 14:31:41

Gorontalo - Di Indonesia, sekitar 37% (hampir 9 juta) anak balita mengalami stunting Indonesia adalah negara dengan prevalensi stunting kelima terbesar. Balita/baduta (bayi dibawah usia dua tahun) yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal, menjadikan anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas. Pada akhirnya secara luas stunting akan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan,danmemperlebar ketimpangan (Kemenkes RI, 2013).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi dibawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Pisang goroho merupakan salah satu jenis pisang varietas lokal yang belum banyak dikenal masyarakat diluar Sulawesi Utara dibandingkan jenis pisang lainnya seperti pisang kepok, tanduk dan raja.

Pembuatan biskuit kulit pisang goroho memiliki tujuan untuk pencegahan stunting. Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa PKM UNG kulit pisang goroho memiliki nutrisi yang dibutuhkan mencegah stunting pada anak, sehingga mereka mencoba berinovasi membuat makanan olahan dalam upaya pencegahan stunting. Biskuit yang berbahan dasar tepung kulit pisang goroho ini mengandung kalsium yang berfungsi mencegah kejadian stunting. Selain itu, pemanfaatan kulit pisang goroho menjadi sebuah produk biskuit juga memiliki fungsi dalam hal mengurangi angka limbah dari kulit pisang goroho itu sendiri.

Untuk melindungi inovasi produk mahasiswa ini, Biskuit Li Uti telah terdaftar Hak Cipta dengan nomor sertifikat 000206691.

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting