2016, Penelitian UNG Meningkat Secara Signifikan

Oleh: Chalid Luneto . 22 Maret 2016 . 14:06:00

GORONTALO – Impelementasi tridarma perguruan tinggi dibidang penelitian yang dilakukan dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan pada tahun 2016, penelitian dosen UNG yang lolos proposal penelitian mencapai 106 judul yang terdiri dari beberapa jenis skim penelitian.

“Untuk tahun 2016, penelitian dosen UNG yang didanai langsung dari Kementerian Ristekdikti mencapai 106 judul. Jumlah ini bertambah cukup signifikan jika dibandikan tahun kemarin yang hanya 74 judul saja,” ungkap Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNG Prof. Dr. Fenty U Puluhulawa, SH., M.Hum, pada pembukaan Klinik Proposal Penelitian di lingkungan UNG, Senin (21/3).

Selain terjadinya penambahan dari segi jumlah penelitian, tahun ini UNG juga memperoleh penambahan dana penelitian yang nilainya cukup fantastis, yang jumlahnya mencapai lebih dari 9 Miliar Rupiah.

“Alhamdulillah dana penelitian yang dipercayakan kepada UNG juga bertambah dari sebelumnya yang hanya didanai 5,9 Miliar saja, kali ini mengalami peningkatan hingga lebih dari 9 Miliar,” terang Fenty.

Capaian ini kata Fenty, tentunya tidak lepas dari komitmen para dosen UNG, yang terus eksis mengimplemetasikan tridharma dari perguruan tinggi dibidang penelitian. Dan untuk mendukung erksistensi tersebut, LPPM kata Fenty terus berupaya memberikan pembimbingan dan pendampingan kepada dosen dalam mewujudkan kualitas penelitian yang terbaik.

“Salah satu wadah untuk pembimbingan yang dilakukan LPPM diantranya melalui kegiatan klinik proposal penelitian, dan kegiatan semacam ini akan terus dilakukan dalam upaya mewujudkan kualitas penelitian dan menyongsong tahun implementasi penelitian di 2016,” ujar Fenty.

Lebih lanjut dijelaskan Fenty, selain mengalami peningkatan dibidang penelitian, ditahun ini kegiatan pengabdian masyarakat juga mengalami peningkatan mencapai 100 persen, dari sebelumnya hanya 20 kegiatan saja menjadi 41 kegiatan.

“Peningkatan dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat tentunya menjadi capaian membanggakan tersendiri bagi UNG khususnya LPPM, dan Insya Allah capaian ini akan terus ditingkatkan pada tahun mendatang,” pungkas Fenty.

Sumber : http://www.ung.ac.id/home/berita/2016-penelitian-ung-meningkat-secara-signifikan

Agenda

3 April 2024

Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ekonomi

Bertempat di Fakultas Ekonomi pukul 09:00 WITA

22 Maret 2024

Pertemuan LPPM dan Pengusul DRTPM 2024

Pukul 09.30 WITA bertempat di Gedung LPPM Ruang Sidang Lt. 2

19 Maret 2024

Pembekalan Mahasiswa MBKM Terintegrasi KKN Program Lingkar Tambang Pohuwato 2024

Lokasi bertempat di Rektorat UNG

18 Maret 2024

Sosialisasi Panduan Riset Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pukul 09:00 WITA via Zoom meeting